Infonitas > Jakarta > Pemerintahan >

Pemprov DKI Bagi-Bagi Duit

Jumat, 9 November 2018 | 10:39 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi Dana
Ilustrasi penghitungan dana
Foto : istimewa

Pemprov DKI akan membagi-bagikan duit untuk kota di sekelilingnya sebagai bantuan untuk pembangunan.

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI berencana memberikan kucuran dana bagi wilayah-wilayah yang berdampingan dengan Jakarta seperti Bekasi, Bogor, Depok, hingga Tanggerang. Dana  akan segera diajukan dalam Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta pembahasan APBD 2019.

Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Premi Lasari menyebut dana bantuan hanya untuk pembangunan dan kelancaran masing-masing wilayah. Semisal Kota Depok, dana yang diberikan untuk pembangunan Jalan Gas Alam agar kemacetan imbas dari pembangunan ruas Tol Depok-Antasari dapat terurai. Serta, penyediaan alat berat. 

“Alat berat amphibi karena itu untuk penanggulangan banjir serta sarana penunjang alat beratnya itu,” ujar Premi saat dikonfirmasi, Kamis (8/11/2018).

Lalu, wilayah Tanggerang, dana akan digunakan untuk pelebaran Jalan Kali Perancis guna mengurai kemacetan mengingat kawasan tersebut berbatasan dengan Jakarta Barat. Begitu juga dengan normalisasi kali yang berdampingan dengan Kali Daan Mogot. 

“Kabupaten Tangerang kita berikan bantuan rekomendasi usulan Rp25 miliar,” sebut Premi.

Adapun untuk Kabupaten Bogor, direkomendasikan dana  sebesar Rp7.4 miliar dengan rincian pengadaan motor pengangkut sampah. Dana tersebut juga akan digunakan untuk pengadaan jaring apung dan pembangunan drainase vertikal.

“Pembangunan drainase vertikal pengendalian cadangan banjir di hulu kita kasih di Cileungsi, Bojong Gede, Caringin sama drainase vertikal untuk banjir,” kata dia.

Tidak terkecuali dengan Kabupaten Bekasi yang juga kecipratan dana yang diberikan Pemrov DKI. Untuk wilayah ini, akan diguanakan untuk  pengadaan sarana air bersih masyarakat yang terdampak operasional tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Bantar Gebang. 

“Normalisasi Kali Blencong juga diberikan anggaran supaya bisa diperbaiki sehingga bisa mengendalikan banjir,” imbuhnya. 


 
 
 
Berita Terkait
Tidak ada berita terkait