Infonitas > Jakarta > Pemerintahan >

Menhub Ingin Bus Kembali Menjadi Angkutan Favorit

Kamis, 9 Agustus 2018 | 12:00 WIB

Editor : Galih Pratama

Reporter : Yatti Febriningsih

Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi
Foto : Yatti Febriningsih

Untuk mengembalikan bus jadi angkutan favorit, Menhub Budi Karya Sumadi akan menerapkan kemudahan kepada pengguna bus dengan layanan tiket online.

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap bus busa kembali menjadi angkutan favorit masyarakat. Sebab, selama ini bus masih kalah saing dengan jenis moda transportasi massal lainnya. 

“Kami ingin menjadikan angkutan bus kembali menjadi angkutan favorit, baik di dalam kota maupun di luar kota. Di dalam kota bus tentu saja harus menjadi bagian angkutan massal yang melengkapi MRT, LRT, KRL,” ujar Menhub Budi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/8/2018). 

Di sisi lain, konektivitas antar kota-kota bus kata Menhub juga menjadi favorit karena bus adalah satu angkutan dari point to point. Dalam penyelenggaraan angkutan umum, perkembangan dan kemajuan teknologi di bidang transportasi menjadi salah satu tantangan. Salah satunya penerapan tiket secara online bagi angkutan bus. 

“Dengan tiket secara online maka masyarakat tidak perlu lagi membeli tiket di terminal. Tidak perlu lagi ada calo tiket. Semua serba mudah dan masyarakat dapat mengatur sendiri perjalanannya. Ini sudah menjadi bagian lifestyle dari masyarakat modern,” tutur Menhub.

Menhub menyatakan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi kepada para stakeholder seperti Organda, untuk terus mengintensifkan penjualan tiket bus secara online.

“Tiket online perlu kita lakukan, khususnya AKAP. Sekarang ini orang naik bus hanya sekitar 20 persen, karena mereka ragu kapan harus datang ke terminal. Maka kita akan intensifkan. Regulasi sudah ada, tinggal kita intensifkan secara konsisten,” tuturnya.