Infonitas > Jakarta > Pemerintahan >

‘Lahan Nganggur’, Sandi Bakal Bangun Rusunawa di Kampung Akuarium

Selasa, 17 April 2018 | 13:39 WIB

Editor : Muhamad Ibrahim

Reporter : Yatti Febriningsih

Lahan di Kampung Akuarium, Jakarta
Lahan di Kampung Akuarium, Jakarta (Ist)
Foto : istimewa

Lahan di Kampung Akuarium yang bakal dibangun rusunawa merupakan aset yang dimiliki Pemprov DKI

JAKARTA - Wakil Gubenur DKI Jakarta Sandiaga Uno berencana akan membangun tempat tinggal yang layak bagi warga di Kampung Akuarium, Jakarta Utara. Ia berencana membangun rumah susun sewa (Rusunawa) di atas lahan kampung Akuarium tahun ini. 

Sandiaga menyebut, lahan di Kampung Akuarium sendiri merupakan aset yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI. 

“Banyak tanah negara menjadi rusunawa juga. Dimana, bisa menjadi sebuah inovasi yang diharapkan dari masyarakat dan itu mereka juga sadar itu tanah negara dan mereka tahu konsep-konsep banyak yang dihadirkan dalam tanah negara tersebut," ujar Sandiaga di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Terkait rencana ini, Sandiaga terlebih dahulu akan  melihat bagaimana kesiapan daripada masyarakat di sana. Dikatakan Sandi, masyarakat di Kampung Akuarium sendiri meminta untuk dibuatkan rumah dengan dua lantai. 

“Kita pastikan dulu dialog sama warga. Bagaimana kita bisa menangkap aspirasi mereka. Kalau mereka combine income-nya atau penghasilannya dan itu di bawah yang ditentukan untuk memiliki rumah tentunya kita carikan opsi-opsi lain,” terangnya. 

Sebagai informasi, warga Kampung Akuarium sendiri sempat mengalami penggusuran di era kepemipinan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Namun, setelah Gubenur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memimpin keduanya membuatkan tenda dan shelter untuk tempat tinggal warga di sana