Infonitas > Jakarta > Pemerintahan >

Ini Paket Kebijakan Ganjil Genap di Tol Jagorawi dan Tangerang

Senin, 16 April 2018 | 13:40 WIB

Editor : Ichwan Hasanudin

Reporter : Yatti Febriningsih

Pemberlakukan sistem ganjil genap di Tol Cibubur 2
Pemberlakukan sistem ganjil genap di Tol Cibubur 2
Foto : Ronald Tanoso

Terkait uji coba ganjil genap, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengeluarkan paket kebijakan untuk ruas Tol Jagorawi dan Tol Tanggerang.

JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mulai paket kebijakan di dua ruas tol yakni Tol Jagorawi dan Tol Tanggerang. Penerapan kebijakan tersebut mulai dipakai di di Gerbang Tol (GT) Cibubur 2.

Penerapan ganjil genap ini rencananya akan diterapkan mulai pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional. Selain itu juga akan diterapkan Lajur Khusus Kendaraan Umum (LKAU).

“LKSI ini berlaku dari Bogor-Pasar Rebo arah Jakarta setiap pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali libur nasional,” ujar kepala BPTJ Bambang Prihartono, di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Selanjutnya, untuk ruas tol Jakarta-Tangerang akan dilakukan di GT Tangerang 2 dan GT Kunciran. Penerapan skema ganjil-genap di GT ini juga diberlakukan mulai pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat, kecuali hari libur nasional.

“Sedangkan penerapan LKAU dari Tangerang-Kebon Jeruk arah Jakarta setiap pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali libur nasional. Serta pembatasan angkutan barang (Kendaraan Golongan III-V) mulai dari Tol Cikupa-Tomang untuk dua arah mulai pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional,” jelasnya.

Terkait paket kebijakan ini, Bambang menyebut pemerintah sudah menyediakan bus JR Connexion untuk penerapan di ruas tol Jagorawi. Titik bus kata dia berada di loaksi perumahan prioritas, yakni Legenda Wisata, Citra Grand, Cibubur Country, Metland Transyogi dan Cibubur Residence.

“Pengembangan rute JR Connexion di lokasi perumahan prioritasunyuk oaket kebijakan ruas tol Jakarta - Tanggerang, yakni Perumahan Citra Raya, Alam Sutra, Villa Melati, BSD City, dan Perumahan Banjar Raya,” pungkasnya.