Infonitas > Jakarta > Pemerintahan >

Ini Kata Kadin Indonesia Soal Penyebab Macet Jabodetabek

Rabu, 13 Sepember 2017 | 18:58 WIB

Editor : Fauzi

Reporter : Yatti Febriningsih

FGD Kadin
Forum Group Discussion Kadin Indonesia bertema ‘Kebijakan Infrastruktur Transportasi Jabodetabek Kedepan'.
Foto : Yatti Febriningsih

Kadin Indonesia menilai, macet Jabodetabek kian parah dengan rendahnya disiplin penggendara, serta buruknya perencanaan dan penataan kota.

JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai, macet Jabodetabek yang kian parah akhir-akhir ini, tidak lepas dari pembangunan infrastruktur besar-besaran oleh pemerintah. Pembangunan tersebut khususnya berdampak pada kelancaran lalu lintas di sekitar lokasi pembangunan.

“Masalah kemacetan Jabodetabek ditimbulkan oleh pembangunan infrastruktur transportasi publik, yang seakan-akan menjadi buah simalakama bagi pemerintah dan masyarakat,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa dalam acara Forum Group Discussion bertema ‘Kebijakan Infrastruktur Transportasi Jabodetabek Kedepan’, Rabu (13/9) di Menara Kadin, Jakarta.

Erwin melanjutkan, kemacetan di Jabodetabek juga disebabkan tingginya jumlah penduduk, tidak diimbangi dengan infrastruktur publik. Hal tersebut kemudian menjadi faktor besar yang menyumbang kemacetan di Jabodetabek menjadi semakin bertambah.

"Ini menyebabkan kurangnya pelayanan kota, termaksuk sektor transportasi. Akhirnya menyebabkan tingginya jumlah kendaraan pribadi, tidak seimbang dengan ketersediaan ruas jalan. Sehingga kemacetan lalu lintas pun semakin parah," paparnya dalam kegiatan yang dihadiri Ketua DPP Organda Andre Djokosoentono dan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono ini.

Selain itu, Kadin Indonesia juga mencatat ada beberapa faktor lain yang ikut menyebabkan macet Jabodetabek kian parah. Mulai dari rendahnya disiplin pengguna jalan, buruknya perencanaan dan penataan kota, kondisi sarana kendaraan umum yang buruk, hingga keamanan dan kenyamanan di jalan raya