Infonitas > Jakarta > Pemerintahan >

Djarot Janji Pelebaran Trotoar akan Manjakan Pengguna Sepeda

Kamis, 14 Sepember 2017 | 13:15 WIB

Editor : Dany Putra

Reporter : Yatti Febriningsih

Djarot Saiful Hidayat
Djarot Saiful Hidayat.
Foto : istimewa

Djarot mengaku selama ini Pemprov DKI kurang perhatian kepada pengguna sepeda.

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta sedang gencar-gencar membangun trotoar di sejumlah titik di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan penataan ini nantinya akan memanjakan pengguna sepeda.

"Kami sudah janji kepada para biker ini ketika sama-sama sepedaan dari sini (Balaikota) ke Kota Tua. Trotoar kita buat dengan jalur sepeda," ujar Djarot di Balai Kota, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Djarot mengatakan, selama ini perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI kepada pengguna sepeda berkurang. Mantan Wali Kota Blitar ini juga tidak akan takut jalur trotoar yang dibangun dan diperlebar di serobot pedagang kaki lima (PKL).

"Makanya kalau kita takut melebarkan trotoar, karena khawatir didudukin oleh para PKL, ya kita tidak akan lebarin trotoar dong. Intinya tetap kita lebarin trotoar dan kita beri jalur untuk sepeda karena selama ini jalur sepeda itu tidak pernah mendapatkan tempat yang baik. Sehingga kita akan dorong masyarakat ke kantor gunakan sepeda," paparnya.

Oleh karena itu, pembangunan trotoar akan dibarengi penertiban PKL. Djarot akan berkoordinasi Satpol PP DKI untuk menjaga trotoar yang sudah dibangun, agar tidak dipakai berdagang.

"Kalau sampe ada PKL, gampang bagi kami, ya angkut saja. Trotoar yang sudah ada saya minta tolong sama Satpol PP untuk tetap dijaga, kecamatan dan kelurahan juga ikut jaga, supaya tidak dialihfungsikan oleh PKL dan untuk parkir," tegasnya.