Infonitas > Jakarta > Pemerintahan >

Bus Transjakarta Sering Alami Kecelakaan, Begini Tanggapan Dirutnya

Jumat, 12 Oktober 2018 | 13:23 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : Yatti Febriningsih

Bus TransJakarta yang mengalamai kecelakaan di Halte Rumah Sakit Sumber Waras, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.
Bus TransJakarta yang mengalamai kecelakaan di Halte Rumah Sakit Sumber Waras, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.
Foto : Adi Wijaya

Transjakarta sering mengalami kecelakaan dalam beberapa waktu terakhir. Dirut menilai itu bukan hanya karena human error.

JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menjadi sorotan karena banyak bus mereka yang mengalami kecelakaan dalam beberapa waktu terakhir. Baik dengan kendaraan lain atau kecelakaan tunggal akibat kelalaian pengemudinya. 

 

Namun, menurut Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta Budi Kaliwono, angapan kecelakaan bus tunggal tidak bisa sepenuhnya menyalahkan si pengemudi. Sebab kata dia, ada alasan kenapa si pengemudi bisa mengalami kecelakaan tunggal. 

 

“Ada yang menghindar karena ada mobil masuk busway, ada orang nyeberang, jadi sopir secara spontan menghindar," ujar Budi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Tentunya, ada beberapa faktor lain yang juga menjadi  andil dalam beberapa kecelakaan bus Transjakarta, seperti penerapan kebijakan ganjil genap.

Sejak kebijakan itu diberlakukan banyak kendaraan yang melintas semakin kencang bahkan sampai memasuki  area separator. 

Kendati begitu, ia memastikan akan memberikan tindakan tegas kepada pramudi yang terbukti bersalah. “Kalau kejadian main HP, enggak usah kecelakaan pasti sudah kita cut," tegas Budi. 

Untuk diketahui, beberapa hari terakhir beberapa bus Transjakarta dilaporkan mengalami kecelakaan. Satu bus Transjakarta koridor 1 (Blok M - Kota) dilaporkan menabrak separator di Jalan Jenderal Sudirman sekitar Karet.

Pada sore harinya, bus transjakarta yang akan mengangkut siswa disabilitas untuk menonton pertandingan Asian Para Games 2018 terperosok ke dalam got di Jalan Lebak Bulus III, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, bus  Transjakarta koridor 1 (Blok M-Kota) juga dilaporkan menabrak separator di Jalan Jenderal Sudirman ke arah Bundaran Senayan, Selasa (9/10/2018) siang.