Infonitas > Jakarta > Pemerintahan >

Ahmad Syaikhu Siap Dampingi Anies Sebagai Wagub DKI

Kamis, 8 November 2018 | 11:07 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : Yatti Febriningsih

Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu
Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu
Foto : Leny Kurniawati

Ahmad Syaikhu sebelumnya menjabat sebagai wakil wali kota Bekasi. Kini, dia dipilih untuk melakukan fit and proper test sebagai wagub DKI.

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajukan syarat bagi para calon Wakil Gubernur DKI yang akan menggantikan posisi Sandiaga Uno memdampinginya selama empat tahun ke depan. Harusmemiliki visi dan misi yang sama dengannya.

Soal itu, salah satu calon yaitu Ahmad Syaikhu memastikan bakal memenuhi syarat tersebut. “Ya insha Allah lah,” katanya saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Syaikhu menegaskan, jika terpilih nanti maka yang menjadi tanggung jawabnya ialah mendukung penuh program Gubernur DKI Jakarta. Mantan Wali Kota Beksi, Jawa Barat ini juga siap untuk pemenuhan kontrak politik yang sudah disusun semasa Pilkada DKI tahun 2017 silam. 

“Ini kan bukan kepemimpinan baru, jadi melanjutkan, kan Pak Anies sudah bikin RPJMD , termasuk visi dan misinya itu, nah kita melanjutkan ke beliau visi, misinya Pak Anies,” kata dia. 

Selain visi dan misi, jika terpilih, Syaikhu juga akan membantu Anies merealisasikan atau menepati janji-janji politiknya sebanyak 23 poin. Bahkan ia memastikan tidak akan membuat visi dan misi baru secara pribadi seperti yang dikhawatirkan Anies. 

“Itu saja yang akan diperkuat visi misi beliau, tidak membuat visi baru, justru kita ingin mengokohkan apa yang beliau lalukan,” tegasnya.

Syaikhu mengaku sudah mengantongi senjata untuk lulus mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Semasa menjabat sebagai orang penting di Bekasi, Syaikhu juga cukup memahami kondisi Jakarta. Melihat lokasi antara Bekasi dengan Jakarta sangat berdampingan dan saling berkesinambungan. 

“Saya mimpin di Bekasi berdekatan lah dengan Jakarta. Info-info Jakarta sampai juga di Bekasi, dan apa juga sampai juga di Bekasi,” ucapnya. 

Sebagai Informasi, selain Ahmad Syaikhu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga sudah menyiapkan satu nama lainnya yang bakal menjadi Cawagub DKI Jakarta yakni Agung Yulianto. Namun kedua Cawagub harus mengikuti seleksi fit and propert test yang diujikan oleh badan bersama atau lembaga yang dibentuk oleh Gerindra dan PKS.