Infonitas > Jakarta > Hukum >

Hotman Paris Desak Komisi 3 DPR Turun Tangan Bantu Korban Lion Air

Jumat, 2 November 2018 | 18:24 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : Wahyu

Hotman Paris Hutapea.
Sumber foto @hotmanparisofficial.
Foto : istimewa

Komisi 3 DPR RI sebagai wakil rakyat harus membantu para keluarga korban Lion Air. Segera lakukan intervensi data penyebab pesawat Lion Air JT610 jatuh.


KELAPA GADING - Pengacara nyentrik Hotman Paris meminta komisi 3 DPR RI segera turun tangan membantu para korban pesawat Lion Air JT610 pada Senin (29/10/2018). Sebab, ada kekhawatiran Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merahasiakan penyebab jatuhnya pesawat.

"Halo komisi 3 DPR, komisi hukum. Kamu harus intervensi. Tidak ada alasan hukum bagi KNKT untuk merahasiakan hasil investigasi karena itu bersifat publik dan kemanusiaan," tutur Hotman lewat akun instagramnya, Jumat (2/11/2018).

Bagaimana keluarga korban menuntut haknya kalau mereka tidak tahu penyebab jatuhnya pesawat. "Peraturan yang menyatakan KNKT itu bersifat rahasia harus dibatalkan," tegasnya.

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia adalah salah satu dari sebelas Komisi DPR RI dengan lingkup tugas di bidang hukum, hak asasi manusia, dan keamanan.

Seperti diketahui, KNKT terus melakukan investigasi guna mencari tahu penyebabnya pesawat tersebut jatuh. Termasuk, verivikasi ke seluruh pesawat dari Denpasar ke Jakarta malam hari pasca kecelakaan.  

"Datanya sudah kami dapatkan tetapi masih perlu kami verifikasi. Sebab, data yang kita dapatkan berupa verbal, hanya menurut kemampuan manusia. Kemampuan otak itu terbatas," jelas Investigator KNKT Ony Suryo Wibowo, Selasa (30/10/2018).

Setelah terverifikasi, akan dibandingkan dengan data black box. Jadi data verbal sudah kita dapatkan. Apa informasinya? Dengan sangat menyesal saya belum bisa sampaikan isinya," tambah Ony.

Sesuai dengan ketentuan UU Nomor 1 tahun 2009, data bersifat rahasia, sehingga tidak dapat disebarluaskan.