Infonitas > Jakarta > Ekonomi Bisnis >

Sandiaga Pastikan Stok Beras Aman Selama Ramadan

Rabu, 16 Mei 2018 | 13:15 WIB

Editor : Ichwan Hasanudin

Reporter : Yatti Febriningsih

Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno
Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno.
Foto : Rendy MR

Wakil Gubernur Sandiaga Uno memastikan stok beras di Jakarta akan aman selama bulan suci Ramadan. Masyarakat pun diimbau tidak khawatir soal ini.

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut stok beras selama bulan Ramadan akan aman, khususnya untuk wilayah Jakarta. Hal ini disampaikan Sandiaga saat meninjau stok beras di Pasar Induk, Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (16/5/2018).

“Stok beras per hari ini di Pasar Induk Cipinang (sebanyak) 41.227 ton. Tadi Pak Menteri dan Pak Agung sudah sampaikan bahwa ini melampaui dari stok aman stok normal,” ujar Sandiaga di Pasar Induk Cipinang.

Dengan angka itu, Sandi memastikan masyarakat Jakarta tidak perlu khawatir kekurangan stok beras selama Ramadan. Politisi Gerindra ini pun berjanji akan terus memantau stok beras dan target pengadaan beras di wilayah Jakarta setiap harinya.

“Jadi ini bisa kita pastikan aman untuk bulan Ramadan dan kita akan nambah terus targetnya 3 ribu ton per hari, tapi kemarin sudah mencapai 4.500 sampai 5 ribu ton per hari,” lanjutnya.

Sandi menuturkan Pemprov DKI memerintahkan agar harga ecer beras terjaga dan menyebut patokan harga eceran tertinggi bukan sebuah imbauan melainkan perintah.

Dengan kondisi ini, para pedagang diimbau untuk menjual beras sesuai harga eceran tertinggi (HET). Pemerintah mematok nilai HET untuk beras medium Rp 9.450 per kilo dan beras premium Rp 12.800 per kilo.

“Jadi ini perintah, kami akan memastikan harga beras, pedagang harus menjual sesuai HET," tegasnya.