Infonitas > Jakarta > Ekonomi Bisnis >

Rute MRT Jakarta Bisa Diperpanjang Hingga Tangsel, Ini Syaratnya

Jumat, 28 Sepember 2018 | 11:18 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : Yatti Febriningsih

Direktur Utama PT Mass Rappid Transit (MRT) Jakarta William P Sabandar
Direktur Utama PT Mass Rappid Transit (MRT) Jakarta William P Sabandar
Foto : Yatti Febriningsih

Ada beberapa syarat bila ingin memperpanjang rute MRT Jakarta hingga Tangsel.

JAKARTA – PT Mass Rappid Transit (MRT) Jakarta bisa saja memperpanjang rute MRT hingga wilayah Tangerang. Namun, kata Direktur Utama PT MRT JAkarta William P. Sabandar, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Antara lain terkait dengan persetujuan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). “Kalau RTRW ada, maka itu bisa menjadi justifikasi formal terhadap proyek MRT ke Tangerang Selatan. Sejauh ini, kami sudah berkoordinasi dengan Wali Kota Tangsel,” ujar William di Jakarta, Kamis, (27/9/2018).

Selain itu, perpanjangan juga harus mengacu Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ) yang menyebut perpanjangan jalur MRT dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan ke kawasan Ciputat dan Pondok Cabe. 

Meski ada di dalam perpres, realisasi perpanjangan tetap harus menunggu sinkronisasi antara RTRW yang masih dikaji dengan RITJ. “Memang ada ide untuk membangun MRT (sampai ke Tangerang Selatan), tapi skemanya seperti apa, itu belum ada,” kata dia. 

Selain kedua syarat yang harus dipenuhi tadi, setidaknya ada 3 tahapan  lain yang harus dipenuhi lagi. Ketiga tahapan itu adalah studi pendahuluan, studi fisibilitas, dan desain teknis yang di dalamnya mencakup kejelasan pendanaan.