Infonitas > Jakarta > Ekonomi Bisnis >

PT KCI Lakukan Uji Coba Stasiun Buaran Hari ini

Jumat, 9 November 2018 | 07:31 WIB

Editor : Fauzi

Sumber : DBS

Stasiun Buaran.
Stasiun Buaran.
Foto : istimewa

Sebelum uji coba hari ini, Stasiun Buaran sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung, termasuk integrasi dengan Transjakarta untuk kenyamanan penu

JAKARTA – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) hari ini, Jumat (9/11)  melakukan uji coba operasional Stasiun Buaran, setelah selesai dibangun oleh Kementerian Perhubungan. Hal ini diungkapkan oleh VP Komunikasi Perusahaan PT KCI Eva Chairunisa.

Terletak di persimpangan Jalan I Gusti Ngurah Rai dan Jalan Raden Inten II, Stasiun Buaran ini posisinya lebih maju dibanding Stasiun Buaran lama yang berada di depan Rumah Susun Perumnas Klender.  

“Letak bangunan baru Stasiun Buaran persis dekat persimpangan antara Jalan I Gusti Ngurah Rai dengan Jalan Raden Inten II, bergeser 480 meter ke arah barat atau arah Stasiun Jatinegara, dari bangunan lama Stasiun Buaran,” jelas Eva dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (9/11).

Dalam keterangan tersebut juga dijelaskan, bangunan Stasiun Buaran yang kini terdiri dari dua lantai, dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang disiapkan untuk memanjakan pengguna setia KRL Commuter Line, seperti lift dan eskalator. Sementara untuk melayani penumpang, terdapat 4 loket layanan, dimana 3 loket untuk pembelian, isi ulang dan refund. Serta 1 loket untuk fare adjustment dan 9 gate electronic.

“Dilengkapi satu unit lift di pintu masuk utara dan satu unit eskalator menuju peron. Pada lantai bawah tersedia satu peron yang melayani dua jalur kereta ke arah Bekasi dan Jatinegara. Ini siap diuji coba pengoperasiannya mulai 9 November 2018,” papar Eva.

Eva mengatakan, moderenisasi yang dilakukan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta – Banten (BTPWJB) Kementerian Perhubungan dalam membangun total fisik Stasiun Buaran, membuat bangunan ini lebih strategi dan moderen dibanding sebelumnya.

Selain beragam fasilitas pendukung, Stasiun Buaran yang uji coba operasionalnya dilakukan hari ini, sudah terintegrasi dengan moda transportasi umum lainnya, Transjakarta. "Tak hanya itu, di lokasi baru ini, Stasiun Buaran juga terintegrasi dengan TransJakarta melalui Halte Transjakarta Perumnas Klender yang mengarah ke Pulogebang dan Jatinegara," imbuh Eva.