Infonitas > Jakarta > Ekonomi Bisnis >

Menhub Minta Pengamaanan Jelang Arus Mudik Diperketat

Senin, 4 Juni 2018 | 12:00 WIB

Editor : Ichwan Hasanudin

Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi arus mudik.
Ilustrasi arus mudik.
Foto : istimewa

Menhub Budi Karya Sumadi meminta Kapolres Lampung Selatan dan Wakapolda Banten agar meningkatkan pengamanan lintas timur dalam masa angkutan lebaran ini.

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali meninjau Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni dan Merak, Sabtu (2/6/2018). Dalam kunjungannya, Menhub meminta kepada Kapolres Lampung Selatan dan Wakapolda Banten agar berkoordinasi untuk meningkatkan pengamanan lintas timur dalam masa angkutan lebaran ini. 
 
"Saya minta juga pada Wakapolda Banten untuk koordinasi dengan Kapolres Lampung Selatan agar kita dapat lakukan pengamanan dengan baik," tutur Menhub dalam keterangan tertulis yang diterima Infonitas.com, Minggu (3/6/2018). 
 
Selain membahas tentang pengamanan, Menteri Perhubungan juga meminta kepada PT ASDP untuk membuka lebih banyak dermaga yang akan digunakan oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor. 
 
Pasalnya, Jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor itu 60 persen dari total penumpang, nah itu akan menimbulkan potensi karena jumlah penumpang yang menggunakan sepeda motor akan meningkat. 
 
“Oleh karenanya saya minta kepada PT ASDP cabang Pelabuhan Bakauheni untuk menyediakan bukan hanya dermaga 7 tetapi juga dermaga yang paling dekat dengan dermaga 1," lanjut Budi. 
 
Menhub kemudian mengapresiasi koordinasi yang dilakukan terkait mudik lebaran pada tahun ini lebih padu, dengan detail perencanaan dan pola pengaturan yang lebih baik dari tahun lalu.
 
"Tahun ini koordinasinya lebih padu, pola pengaturannya lebih oke. Saya gembira sekali antara POLRI, TNI, PT ASDP dan KSOP itu kompak. PT ASDP membuat perencanaan yang detail dan koordinasi dengan Dishub & KSOP terjalin dengan baik," tutupnya