Infonitas > Jakarta > Ekonomi Bisnis >

JICA Siap Talangi Dana Pembangunan MRT Jakarta Fase II

Senin, 17 Sepember 2018 | 16:16 WIB

Editor : Fauzi

Reporter : Yatti Febriningsih

Dirut PT MRT Jakarta William P. Sabandar
Dirut PT MRT Jakarta William P. Sabandar
Foto : Yatti Febriningsih

Dana pembangunan MRT Jakarta fase II sebesar Rp 25,2 triliun, direncanakan bersumber dari dana pinjaman jangka panjang JICA.

JAKARTA – Dirut PT MRT Jakarta William P. Sabandar mengungkapkan, pihaknya tengan mempersiapkan proses pembangunan MRT Jakarta tahap II (Bundaran HI – Kampung Bandan). Menurutnya, dana untuk pengerjaan proyek tersebut akan ditalangi oleh JICA (Japan International Cooperation Agency). “Harusnya sudah final sih, karena (Pemerintah) Jepang kemarin sudah menyatakan persetujuannya terhadap seluruh dokumen,” ujarnya, Senin (17/9).

William melanjutkan, sebelumnya memang ada beberapa isi dalam dokumen yang tidak disetujui oleh pihak Jepang, namun sudah berhasil diselesaikan dan disepakati. Sebab itu, kata dia, seharusnya sudah bisa dibilang selesai dan tidak ada kendala untuk pembangunan proyek ini. “Nah sekarang Jepang sudah mengatakan setuju, harusnya tidak ada masalah lagi. Nanti kita cek lagi,” tandasnya.

Ditambahkan olehnya, negosiasi persetujuan pembiayaan dilakukan hanya dengan Pemerintah Jepang saja. Sementaram JICA hanya berperan setelah semua proses beres dan tinggal pencairan dana. Saat ini, kami menunggu kabar dari Pemerintah Jepang untuk proses loan agreement saja. “JICA kan kemudian yang menumpahkan dalam bentuk loan agreement. Sekarang kita tinggal menunggu formalnya dalam bentuk itu, pada  bulan-bulan ini,” pungkas dia. 

Untuk diketahui, pendanaan pembangunan MRT fase II oleh PT MRT Jakarta ini direncanakan akan menelan dana hingga Rp 25,2 triliun yang akan ditalangi oleh JICA. Groundbreaking proyek ini direncanakan pada Desember 2018 mendatang.