Infonitas > Jakarta > Ekonomi Bisnis >

Hari Pertama Ganjil Genap, Penumpang Transjakarta Meningkat

Senin, 2 Juli 2018 | 16:55 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : Yatti Febriningsih

Transjakarta
Penumpang bus Transjakarta yang naik dari depan Stasiun Senen.
Foto : Yatti Febriningsih

Jumlah penumpang Transjakarta meningkat pada hari pertama penerapan sistem ganjil genap di sejumlah jalan arteri Ibu Kota.

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI resmi melakukan ujicoba peluasan ganjil genap di jalan arteri Jakarta mulai hari ini, Senin (2/7). Soal Ganji Genap ini, Pemrov DKI menyiapkan sebanyak 204 bus Transjakarta yang siap melayani penumpang yang terkena dampak. 

Untuk hari pertama ujicoba, perpindahan masyarakat dari mobil pribadi ke transportasi massal di klaim meningkat. Ini terlihat dengan adanya kenaikkan jumlah penumpang Transjakarta. 

“Hingga pukul 12.00 WIB, pelanggan Transjakarta Senin (2/7) untuk BRT (koridor) mencapai 173.445, naik dibandingkan Senin (25/6) lalu dengan periode yang sama sebanyak 157.714,” jelas Kepala Humas PT Transjakarta, Wibowo di Jakarta, Senin (2/7/2018). 

Terkait penambahan minat, Wibowo mengatakan sudah menyiapkan penambahan unit bus. Untuk hari ini, ada sebanyak 1.564 baik itu BRT dan non BRT yang beroperasi. 

“Ada kenaikan dibandingkan Senin lalu untuk antisipasi perluasan ganjil genap di sejumlah wilayah maupun waktu. Dari rata-rata pekan lalu, jumlah bus yang beroperasi sekitar 1.536 unit,” urai dia.