Infonitas > Feature >

Red Velvet dan Fruit Cake Bakal Jadi Tren Natal 2017

Senin, 4 Desember 2017 | 10:45 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : Nurul Julaikah

Dynamic Bakery
Foto : Ferico Anaska

Momen Natal tentu selalu dihiasi dengan penganan-penganan khas. Tahun ini, Red Velvet dan Fruit Cake bakal menjadi tren Natal 2017.

KELAPA GADING - Masyarakat yang merayakan Natal tentu telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambutnya. Ada yang telah menghias rumahnya dengan beragam aksesori bernuansa Natal, ada yang sudah menyiapkan busana, bahkan ada sudah yang sibuk menyusun daftar penganan yang akan disajikan. Tujuannya hanya satu, tampil sempurna pada hari penuh keberkahan itu.

Juli contohnya. Dia lebih memilih memprioritaskan menyusun daftar penganan terlebih dahulu dibanding harus mempersiapkan dekorasi dan busana. Sebab, hidangan yang tersaji dapat diartikan sebagai bentuk jamuan penghormatan kepada tamu. Terlebih, ketika Natal, saudara, rekan-rekan, dan para karyawannya kerap berkunjung.

Bagaimanapun, Natal adalah momen istimewa. Di setiap negara, Natal identik dengan makanan. Selalu ada menu khusus yang tersedia. “Itulah alasannya mengapa saya menganggap hidangan merupakan hal penting yang harus tersedia dan tidak boleh seadanya," jelas dia.

Hal sama diungkapkan Sendy. Setiap momen Natal, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah hidangan.

Terutama, kata dia, untuk hidangan berat. Berdasarkan tradisi keluarga, harus didominasi dengan menu-menu khas Kalimantan Barat.

Bagi dia dan keluarga, menu-menu itu memiliki makna tersendiri. Simbol untuk mempererat tali kekeluargaan. "Kebetulan, keluarga saya memang berasal dari sana. Melalui hidangan, kita ingin menjadikan hari raya Natal sebagai ajang keakraban. Juga, pengingat kenangan. Ada kenikmatan tersendiri ketika kita bisa duduk bersama di meja makan sambil menikmati hidangan-hidangan khas tanah kelahiran," tutur dia.

Selain hidangan berat khas Kalimantan Barat, tradisi lain yang telah boleh ditinggalkan adalah menyediakan kue. Minimal harus sepuluh jenis, baik kue-kue kering, roti, maupun cake. Adapun maknanya hanya sebagai bentuk penghormatan kepada para tamu yang datang. "Untuk penganan ini, saya tidak terlalu pusing. Sebab, banyak dijual di toko-toko kue. Lazimnya, memang kita pesan. Namun, terkadang, kami sengaja membuatnya sendiri," kata warga Kelapa Kopyor, Kelapa Gading ini.

Soal penganan, Chef Ririn Marinka masih memperkirakan Red Velvet dan Fruit Cake menjadi tren Natal karena warna merah dan hijau masih identik dengan Natal tahun ini.

Sedangkan rainbow cake, Marinka memastikan tidak akan sepopuler tahun sebelumnya. Sebab, selain warna merah dan hijau, ada salju yang identik dengan hari besar umat Nasrani ini. Oleh karenanya, permintaan cookies di setiap toko roti akan mengalami peningkatan pada Desember hingga menjelang 2018.

Tentu saja, cookies dengan hiasan sugar dan cake yang menggunakan spices seperti kayu manis banyak terjual di pasaran jelang Natal ini.

“Jadi carrot cake itu masih bisa jadi tren juga. seperti yang saya sebutkan sebelumnya, fruit cake juga masih menjadi idola karena mengandung bahan rempah rempah juga,” kata dia.

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang belum menempatkan cake and bakery sebagai makanan utama menyebabkan menu dessert ini kurang begitu populer. Namun, sejak artis-artis merintis usaha roti dalam beberapa tahun terakhir, sangat membantu cake dan bakery mengalami peningkatan yang signifikan. 

“Jadi kalau seperti Rainbow Cake atau kue artis nampaknya tidak masuk ke tren Ntal deh,” kata dia.

Resep Membuat Fruit Cake Ala Chef Ririn Marinka

Bahan :

Tepung terigu 250 gram

Baking powder 15 gram

Campuran buah kering 150 gram

Mentega 200 gram

Gula pasir 250 gram

Telur 5 butir

Cara membuat:

1. Campur mentega, gula pasir dan telur dalam satu mangkuk. Kocok merata dengan mixer hingga lembut dan gula larut.

2. Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu yang sudah diayak dan baking powder. Aduk merata dengan spatula.

3. Terakhir campurkan buah kering dan aduk lagi hingga merata.

4. Tuang adonan ke Loyang yang sudah diolesi dengan mentega dan ditaburi tepung terigu. Masukkan ke dalam oven dengan suhu 180 derjat Celcius kurang lebih selama 45-50 menit. Sesudah matang, angkat dan biarkan agak dingin sebelum dipotong.