Infonitas > Feature >

Rahasia Titiek Puspa dalam Membuat Lagu

Senin, 4 Desember 2017 | 20:45 WIB

Editor : Ichwan Hasanudin

Reporter : Wildan Kusuma

Titiek Puspa bersama Fariz RM dilaunching single 'Dansa Yo Dansa' dari band Java Jive. Lagu itu merupakan salah satu dari sekian banyak lagu ciptaannya.
Foto : Wildan Kusuma

Nama Titiek Puspa dan karya-karyanya di jagad hiburan sudah tidak perlu diragukan lagi. Lantas apa rahasianya Rahasia Titiek Puspa dalam membuat lagu?

KEBAYORAN - Siapa yang tak kenal Titiek Puspa. Penyanyi legendaris memiliki daya tarik sendiri dalam berkaya di belantika musik Indonesia. Siapa sangka, caranya dalam membuat lagu sangat sederhana. Apa rahasianya?

Sumarti atau yang sangat dikenal dengan Titiek Puspa merupakan salah satu legenda penyanyi perempuan di Indonesia. Wanita kelahiran 1 November 1937 ini mendapatkan penghargaan dari Rolling Stone Indonesia dalam kategori lagu terbaik sepanjang masa.

Berkarya sejak 1954, tentunya lagu-lagu penyanyi kelahiran Tanjung, Kalimantan Selatan ini mampu menghipnotis kuping masyarakat Indonesia untuk mendengarkannya. Ternyata, rahasianya dalam membuat lagu sangat sederhana, yaitu dari apa yang dilihat dan dirasakannya.

"Saya sebenarnya orang bodoh, les aja gak pernah. Kalau buat saya lagu itu apa yang saya lihat dan saya rasakan," ujar Titiek dalam konferensi pers lagu terbaru Java Jive Dansa Yo Dansa di Essence Apartemen, Darmawangsa, Kebayoran, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017).

Miris Melihat Keadaan Anak Muda Indonesia
Setelah sekian lama berkaya, Titiek merasa sangat miris dengan keadaan anak muda Indonesia. Lagu anak-anak mulai banyak ditinggalkan dan minim karya. 

Melihat hal itu, dia saat ini bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Indonesia berupaya untuk membuat lagu anak. Namun, lagu anak yang dibuatnya memiliki tujuan agar anak-anak Indonesia bisa lebih mecintai Tanah Air. 

"Saya menangis, di Indonesia ini sudah tidak ada tata krama. Saya nangis sama Tuhan, apa yang bisa buat untuk anak-anak Indonesia. Akhirnya saya bikin lagu 2014 dan sampai akhirnya selesai 2016, saya tawarkan kepada Menhan yang jurusnya bela negara," katanya.

Lagu anak tersebut didasari oleh kekhawatiran dengan moral anak-anak Indonesia. Selain itu, melalui lagu anak ini agar masyarakat juga bisa mencintai cinta.

"Jadi saya khawatir dengan anak-anak, akhirnya saya bikin lagu untuk anak. Untuk membuat lagu ya begitu adanya, karena rasa cinta saya kepada negeri ini," tandasnya.

Lagu Kupu-Kupu Malam
Tentunya, masyarakat Indonesia sudah familiar dengan lagu ‘Kupu-kupu Malam’. Itu salah satu karya Titiek Puspa yang tak lekang oleh waktu.

Tak sedikit penyanyi dan grup musik di Indonesia menyanyikan lagi tersebut. Ternyata, lagu tersebut memiliki misteri yang menggugah hati Titiek Puspa.

"Kupu-KUpu malam itu true story. Dia seorang istri (janda), dia punya hutang dan gak punya uang, dia disuruh bayar dan harus bayar dengan badannya. Dia cerita sama saya. Dia ingin dapat jodoh, dan Alhamdulillah seminggu kemudian anak itu dapat jodoh," katanya.