Infonitas > Feature >

Menjajal Fasilitas Stasiun dan KA Bandara Soetta

Jumat, 29 Desember 2017 | 21:00 WIB

Editor : Nurul Julaikah

Reporter : Yatti Febriningsih

Penampakan dalam kereta bandara Soetta
Foto : Yatti Febriningsih

Stasiun bak bandara hingga kenyaman kereta, membuat infonitas.com berkesempatan menjajal fasilitas stasiun dan KA Bandara Soetta.

JAKARTA – Semenjak dilakukan uji coba pada 26 Desember 2017, Kereta Api (KA) Bandara bikin penasaran warga Ibu Kota. Selain kenyamanan kereta, pemerintah melalui  BUMN-nya PT. KAI dan PT Railink memberikan fasilitas yang memanjakan penumpang di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta atau stasiun Stasiun Sudirman Baru.

Dalam kesempatan kali ini, tim infonitas.com ingin menjajal kenyamanan fasilitas kereta maupun stasiun Bandara.

Stasiun Bandara berada tak jauh dari Halte Transjakarta Tosari, cukup butuh waktu 10 menit dengan cara berjalan kaki. Letaknya memang berdekat dengan Stasiun Sudirman Lama. Pemilihan lokasi tersebut, karena tingkat lalu lalang warga lebih banyak berada di sepanjang Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Namun, tidak usah khawatir karena kedua stasiun ini memang terletak bersebelahan. Bahkan, sudah disediakan sistem integrasi oleh PT Railink selaku Operator dari KA Bandara.

"Kami juga sedang membangun integrasi dengan stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) di stasiun Sudirman Lama. Namun masih di bangun. Sementara kami buatkan pagar. Toh, biasanha orang kalau keluar stasiun kan harus keluar dulu," ujar Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sesampainya di stasiun, terlihat plang bewarna hijau bertuliskan 'Stasiun KA Bandara’. Dari plang tersebut untuk menuju stasiun KA Bandara cukup berjalan lurus masuk ke dalam stasiun.  Tidak sampai lima menit nantinya akan ada pintu masuk bagi pejalan kaki. Dimana saat memasuki pintu tersebut para calon penumpang akan disambut dua eskalator menuju ke lantai 1 stasiun.

Tidak lama, setelah sampai di lantai 1 disambut dengan papan jadwal ke keberangkatan KA Bandara. Selain itu juga terlihat beberapa penumpang yang tengah duduk di bangku kayu dan dibalut dengan oranamen dedauan bewarna hijau.

Di bangku-bangku ersebut terlihat beberapa orang tengah duduk atau ada ebberapa anak-anak yang terlihat tengah berlarian ditengah lobi yang masih cukup lapang dan luas tersebut. Jika mengamati secara keseluruhan, warna hijau mendominasi  stasiun Bandara.

Infonias.com kembali melanjutkan perjalanan menuju tangga berjalan yang terletak di depan toilet. Setelah sampai dilantai dua suasana lebih ramai cukup terasa. Di samping kiri terlihat bangku tunggu yang cukup menarik dan mewah persis seperti di bandara Soekarno Hatta.

Bagi penumpang, juga disediakan fasilitas free charging untuk mengisi daya ponsel dan sebagainya. Meski ramai, PT Railink tidak akan menambah tempat tunggu lebih banyak lagi dengan berbagai alasan.

“Saya rasa cukup yah. Karena biasanya pelanggan kita adalah bsnis traveler. Jadi mereka ebih menghargai waktu. Dia tau kapan akan berangkat ke Bandara, paling sampai stasiun 15 menit sebelumnya, duduk sebentar, menuju peron, lalu menghilang,” kata Heru.

Namun, jika sampai stasiun lebih cepat, para pengunjung bisa menimati waktu sebentar sambil duduk dengan pemandangan jalan yang terlihat dai atas stasiun. Atau pengunjung bisa menyantap hidangan maanan dari berbagai macam stand yang disediakan di area stasiun KA Bandara Soekarno Hatta.

PEMBELIAN TIKET

Untuk tiket, bisa didapatkan secara online melalui lewat aplikasi Railink di Google Play Store atau Apple Apps Store dengan membuka laman https://reservation.railink.co.id. Pembelian online melayani pembayaran via internet banking dan Doku Wallet. Atau bisa datang langsung dan membeli tiket melalui vending machine yang telah disediakan. Namun, perlu diingat pembelian disini tidak bisa menggunakan uang tunai. Selebihnya untuk proses pembelian tiket akan dibantu oleh petugas yang ada dilokasi.

“Untuk tiket pada uji coba dengan tariff Promo Rp.30 ribu. Nanti setelah diresmikan akan naik menjadi Rp.70 ribu,” kata Heru.

Tiket terbagi dua jenis, yakni tiket reserv, dimana para penumpang bisa memilih sendiri bangku saat di kereta. Kedua, tiket regular.

NYAMAN SAMPAI BANDARA

Gate sendiri baru dibuka 15 menit sebelum jadwal keberangkatan. Dimana nantinya setelah membeli tiket, penumpang akan diarahkan kembali menuju lantai satu, karena gate keberangkatan berada di lantai satu. Kemudian untuk memasuki gate, penumpang cukup melakukan scan barcode yang ada pada tiket. Setelah itu penumpang bisa langsung masuk ke dalam area peron dan menunggu kereta tiba. Tidak butuh waktu lama, kereta langsung tiba dan berangkat dengan cepat.

Di dalam kereta hal pertama yang terasa ialah kayaknya dalam sebuag peswat ataupun kereta ekslusif dengan warna yang didominasi abu-abu dan gagang bangku yang bewarna kuning.

Jika penumpang membawa koper besar bisa meletakkan di tempat barang yang ada di perbatasan rangkaian kereta. Atau  di atas tempat duduk yang telah disediakan.

Selama perjalanan, penumpang bakal merasakan kenyamanan bangku kereta. Tempat duduk dapat diatur maju mundur. Selain itu, penumpang juga bisa mengisi daya baterai lewat Port USB yang disediakan di sela-sela bangku.

Toilet tersedia di setiap rangkaian kereta, atau gerbong. Laki-laki dan wanita pun juga terpisah. Bahkan ada juga tempat khusus yang disediakan untuk bayi berganti popok dan sebagainya.

Selama di perjalanan, penumpang bisa dengan bebas menikmati pemandangan lalu lalang pesawat saat mendekati bandara. Perjalanan Infonitas saat itu dari stasiun KA Bandara Sudirman baru menuju Bandara Internasiola Soetta hanyak memakan waktu selama 57 menit dari keberangkatan pukul 12.51 – 13.48 WIB.

Menariknya lagi, setelah turun dari kereta penumpang bisa melanjutkan perjalanan menuju area terminal dengan mengunakan fasilitas Sky Train. Kemudian bisa dengan mudah menuju terminal dan berangkat dengan pesawat tujuan maisng-masing.

Untuk diketahui, kereta Bandara ini sendiri sudah mulai mengangkut penumpang pada Selasa (26/12). Rencananya, presiden republic Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan kereta ini pada 2 Januari 2018 mendatang.