Infonitas > Feature >

Malam Natal 2017, Anies Jalan Kaki Kunjungi Gereja Katedral

Minggu, 24 Desember 2017 | 23:15 WIB

Editor : Waritsa Asri

Reporter : Wildan Kusuma

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Gereja Katedral
Foto : Wildan Kusuma

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berjalan kaki mengunjungi Gereja Katedral, sebagai tebusan tidak sempat mendatangi Gereja Bukit Moria karena macet

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan di beberapa gereja di DKI Jakarta, Minggu (24/12/2017). Tak terkecuali Gereja Katedral, Gambir, Jakarta Pusat, yang juga dikunjunginya bersama jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta anggota Forkopimda.

Menurut agenda Humas Pemprov DKI Jakarta, Anies dijadwalkan memgunjungi Gereja Bukit Moria Pancoran, Jakarta Selatan, Gereja Antonius di Bidara Cina, Jakarta Timur, lalu ke Gereja Immanuel, Gambir, Jakarta Pusat dan terakhir ke Gereja Katedral.

Namun, Anies tak menghadiri kunjungan di Gereja Bukit Moria lantaran terjebak macet yang dikarenakan ada kecelakaan di jalan tol. Meski begitu, ia menebusnya dengan berjalan kaki dari seberang Stasiun Gambir ke tujuan akhir Gereja Katedral.

Pantauan infonitas.com, Anies berpidato di Gereja Katedral didampingi Wakil Gubernur Sandiaga Uno dan Uskup Agung Ignatus Suharyo. Ia memyampaikan permintaan maaf jika kehadirannya mengganggu ibadah para umat di malam Natal 2017.

"Saya hadir bersama Wakil Gubernur sandiaga Uno, kami ingin menyampaikan selamat memleringati hari Natal kepada semuanya. Mohon maaf, jika kehadiran kami, agak menginterupsi pada malam ini, tapi kami ingin menyampaikam kepada semuanya semoga kedamaian, kebahagiaan, keteduhan, dan semuanya akan menjadi kedamaian yg bisa dirasakan seluruh umat Jakarta," ujarnya di Gereja Katedral.

Makna Kesederhanaan

Meski demikian, ia menekankan makna kesederhanaan yang dimiliki umat Katolik di Gereja Katedral. Menurutnya, saat ini kesederhanaan sudah sulit ditemukan di Kota Jakarta.

"Salah satu yang menarik adalah lesan kesederhanaan, keteduhan, perlu kita terus gaungkan. Kadang-kadang di Jakarta ini kesederhanaan menjadi barang mewah. Mudah-mudahan dalam peringatan Natal ini pesan keteduhan bisa berbaur makin kuat di Jakarta nanti," katanya.

Ucapan Terimakasih Uskup Agung

Uskup Agung Ignatius Suharyo mengucapkan terimakasih kepada jajaran Pemprov DKI beserta wakil tokoh agama yang mengunjungi Gereja Katedral. Menurutnya, kunjungan tersebut merupakan sebuah pemikiran yang baik bagi warga DKI Jakarta.

"Terima kasih bapak Gubernur, Wakil Gubernur, SKUP, dan semua. Kami sendiri selalu merasa tenang karena kami selalu percaya bahwa pimpinan kepala daerah di DKI ini semua menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, itulah yang membuat umat Katolik tidak pernah merasa risau," ujar Uskup IGN Suharyo.

"Terima kasih, kami yakin bahwa kebersamaan seperti ini yang menjadi watak dari bangsa Indonesia tidak pernah hilang dari keyakinan," pungkasnya.