Infonitas > Feature >

Jasa Penitipan Hewan di Serpong Bersiap Hadapi Peak Season

Rabu, 23 Mei 2018 | 10:00 WIB

Editor : Galih Pratama

Reporter : Alfi Dinilhaq

Salah satu layanan lebih dari jasa penitipan hewan adalah mengajak hewan peliharaan bermain di outdoor.
Foto : Geri B

Jelang Lebaran, permintaan jasa penitipan hewan diprediksi akan meningkat tajam. Para pelaku usaha jasa ini pun telah bersiap hadapi momen peak season itu.

SERPONG - Memelihara hewan peliharaan sudah menjadi tren kaum urban di kawasan Serpong. Jangan heran bila mereka rela menyisihkan uang dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan hewan peliharaannya.

Memasuki musim liburan seperti Lebaran, sebagian pemilik hewan peliharaan mulai direpotkan dengan berbagai persiapan mudik ataupun liburan bersama keluarga. Bagi yang meninggalkan hewan peliharaan, mereka lebih memilih menitipkan hewan kesayangannya ke jasa penitipan hewan. Momen inilah yang dinanti oleh pelaku usaha jasa penitipan hewan.

Seperti dikatakan Wulan Purwono, Pemilik Savvy Pet Hotel. Dia memprediksi bahwa libur Lebaran mendatang untuk jasa penitipan hewan di tempatnya akan full. Untuk itu, dirinya menyarankan para pelangganya untuk mem-booking untuk penginapan untuk hewan kesayangan mereka.  "Biasanya memang saat liburan kandang full. Ini berbeda dengan hari biasa, kalau hari biasanya hanya beberapa bagi orang yang mau berpergian keluar kota," katanya. 

Lebih jauh dia menjelaskan, di tempatnya yang terletak di Ruko Mendrisio, Gading Serpong ini, bukan hanya sekadar penitipan hewan seperti kandang saja, tapi hewan peliharaan akan dimanjakan dengan tempat layaknya rumah dengan lantai keramik. Khusus untuk hewan anjing, tempat ini menyediakan 20 kamar. Sedangkan 12 kamar lainnya disediakan untuk kucing. “Selain itu, kami juga sediakan  ruang VIP sebanyak 4 kamar," jelasnya.

Bergeser ke kawasan BSD, tepatnya di Tol Boulevard terdapat Pet of of Grooming yang bersiap menghadapi peak season libur Lebaran. Dikatakan Aditya Grani, Pemilik Pet ff Grooming, "Jelang libur biasanya kita akan menambah personil untuk mengurus hewan yang dititipkan, karena banyak juga karyawan yang libur mudik dan pulang kampung,” katanya.

Dia memprediksi, pada musim liburan penitipan di tempatnya akan terisi full. Meski fokus utamanya pelayanan grooming, tempat ini juga menyediakan tempat penitipan hewan. Namun mereka hanya menerima penitipan sebanyak 15 hewan peliharaan baik anjing dan kucing.  “Baiknya bagi yang ingin menitipkan bisa jauh hari booking sebelum memasuki musim liburan," jelasnya.

Hal sedana juga diungkapkan oleh Dave Fahreza, Pemilik K and Frozt. Dia menyarankan kepada pelangganya untuk mem-booking tempat penginapan hewan dari jauh-jauh hari. "Kalau dari pengalaman, kami menitipkan hewan sebulan atau beberapa bulan sebelum rencana liburan. Bahkan di tempat lain ada yang setahun sebelumnya sudah booking karena ketika tidak jadi pergi atau berlibur bisa cancel dan ketika jadi bisa tenang. Ketika ingin menitipkan hewan bagusnya jangan pada saat last minute, karena akan pasti kehabisan," sarannya.

Untuk penitipan hewan peliharaan, K and Frozt yang terletak di Ruko The Spring, Gading Serpong hanya menerima penitipan hewan anjing. "Kita penitipan khusus untuk anjing saja, karena kita sebagai pemilik anjing juga jadi banyak tahu mengenai anjing. Jelang libur ini kita sudah mempersiapkan yang utama, yaitu supply air yang cukup dan dan alat kebersihan yang memadai. Selain itu beragam fasilitas lain juga akan dilengkapi saat penitipan. Tersedia juga layanan grooming, gunting, dan styling," jelas Dave.

Mengenai harga, K and Frozt membanderol untuk penitipan hewan dengan kandang ukuran small berdimensi 100 x 80 cm, yakni Rp 90 ribu per hari. Sedangkan ukuran kandang medium dengan dimennsi 130 x 100 cm, dihargai Rp 130 ribu per hari. Lain halnya kandang large 170 x 130 cm, dikenakan biaya Rp 170 ribu per hari.

Tawarkan Fasilitas dan Layanan Lengkap

Pemilik hewan peliharaan tentunya ingin agar hewan yang dititipkan mendapat pelayanan yang baik. Untuk itu, para pelaku usaha jasa penitipan hewan pun berlomba untuk memberikan pelayanan dan fasilitas yang lengkap. Tujuannya memberikan kenyamanan bagi hewan peliharaan selama dalam penitipan.

Di Savvy Pet Hotel misalnya. Sesuai namanya, tempat ini menyediakan penitipan hewan layaknya di hotel. Di mana penitipan hewan yang sudah dilengkapi AC dan area bermain hewan yang cukup luas. Hewan yang dititipkan juga sudah dijamin makanannya. Bahkan ada laporan harian yang dilaporkan khusus kepada pemilik hewan.

"Penitipan kita bukan kandang, melainkan seperti kamar dengan lantai keramik. Setiap hari kita juga memberikan laporan dan foto kepada pemilik apa saja kegiatan dan makan hewan peliharaan. Kami juga kerap membawa jalan kelaur hewan sehari dua kali," jelas Wulan Purwono, Pemilik Savvy Pet Hotel.

Selain penitipan hewan, Savvy Pet Hotel juga terdapat fasilitas untuk day care yang merupakan jasa penitipan harian, grooming, penjuakan aksesori, makanan, dan mainan.

Lain halnya yang ditawarkan Pet Of Grooming, hewan yang dititipkan di sini juga akan dimanjakan dengan beragam fasilitas. Seperti kandang ber-AC, makan dua kali yang merupakan makanan premium atau food holistik, vitamin, dan snack. “Kalau ada yang menginap 5 hari, kami kasih free grooming,” promo Aditya Grani, sang pemilik.

Hanya saja, kata Aditya, hewan titipan yang diterima di tempatnya harus dalam kondisi sehat. Seperti bebas dari kutu, jamut, dan vaksing lengkap. “Kalau tidak memenuhi syarat tersebut, kami rekomendasikan ke dokter hewan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Aditya, di Pet Of Groomer juga ada layanan grooming untuk anjing, kucing, dan kelinci. Ada juga beragam makanan premiun, sampho herbal, mainan, dan aksesori hewan peliharaan. 

Berbeda dengan jasa penitipan lain, K and Frozt setiap hewan pelihaan yang titipkan, khususnya anjing, tidak termasuk makan. Namun untuk fasilitas lain seperti AC, CCTV, free grooming 5 hari menginap dan jalan keluar sehari dua atau tiga kali, dihadirkan untuk hewan yang menginap di sini.

"Penginapan kita tidak termasuk makan, karena ketika anjing dititipkan akan stres. Ini  berefek pada perut yang berakibat kepada masalah pencernaan. Baiknya, pemilik membawa makanan sendiri agar lebih terjamin," kata Dave Fahreza, Pemilik K and Frozt.