Infonitas > Feature >

Bisnis Hotel Lebih Menjanjikan Ketimbang Properti Lainnya

Senin, 26 Februari 2018 | 15:00 WIB

Editor : Nurul Julaikah

Reporter : R Maulana Yusuf

Penampakan Lobi Hotel di Kawasan Sunter Jakarta Utara
Foto : Ibnu Wibowo

Bisnis perhotelan lebih menjanjikan ketimbang properti lainnya benar adanya, terbukti menjamurnya hotel di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

TANJUNG PRIOK - Bisnis hotel merupakan bisnis yang sangat menguntungkan dan sustainable atau bertahan cukup lama. Salah satu hal yang pasti dari memiliki bisnis hotel yaitu mendapatkan nilai jual properti jauh lebih tinggi dibandingkan dengan modal yang dikeluarkan pada saat pembangunannya.

Bahkan jika hotel selalu ramai dikunjungi tamu dengan tingkat huni yang cukup tinggi pula maka nilai hotel akan berlipat-lipat. Di sinilah kuncinya mengapa pengusaha yang sudah memiliki satu hotel dalam waktu yang tidak terlalu lama memiliki hotel baru yang lain.

Berbeda dengan bisnis yang lainnya, kesuksesan dari bisnis hotel dikarenakan para pemilik ataupun pengelola hotel lebih banyak menitik beratkan kepada faktor SDM (sumber daya manusia) sebagai pelaksana.

Sudah banyak slogan perusahaan- perusahaan besar pengelola hotel yang menyatakan bahwa bisnis hotel yaitu mengenai bagaimana cara menyenangkan para tamu. Dan untuk dapat menyenangkan para tamu maka para karyawan yang bekerja di hotel tersebut haruslah merasa senang terlebih dahulu.

Konsep merupakan cikal bakal bisnis hotel bakal sukses. Sebab, banyak sekali pemilik hotel atau pengusaha hotel yang sukses memulai bisnis ini dari nol, hanya dengan memiliki ide atau konsep yan sangat cemerlang tentang hotel yang akan dibangunnya. Untuk memulai membangun hotel tidak harus memiliki modal 100% tetapi menyediakan 40-50% nya saja, selebihnya bisa dari hasil pinjaman bank.

Faktor lokasi sangat berperan penting dalam menentukan kesuksesan usaha hotel. Studi kelayakan dapat memberikan gambaran yang akurat dan cermat tentang prospek bisnis hotel. Berapa jumlah kamar yang harus dibangun, fasilitas apa saja yang perlu dan tidak perlu, apa jenis hotel, berapa harga kamar, berapa investasi, sampai berapa lama investasi akan kembali.

Beragam Fasilitas Untuk Naikkan Okupansi

Seperti Hotel Ibis Styles Jakarta Sunter, Grand Mercure Kemayoran dan Holiday Inn Express Jakarta International Expo (JIExpo). Para pemilik berlomba-lomba menawarkan berbagai fasilitas dengan keunggulan masing-masing untuk meningkatkan jumlah okupansi.

Hotel Ibis Style Jakarta Sunter merupakan kelas premium dengan menawarkan berbagai fasilitas seperti bintang 5. Elsa Monica, Sales Coordinator hotel  ibis Styles Jakarta Sunter menjelaskan hotel bintang tiga premium ini memiliki 145 kamar yang terbagi menjadi beberapa tipe. Antara lain superior, superior with balkon, deluxe, family room, dan Junior suite.

Berbeda halnya dengan Grand Mercure Jakarta Kemayoran. Hadir di kawasan Jakarta Pusat telah menambah pilihan hotel berbintang di Jakarta dengan fasilitas sempurna dan pelayanan ramah. Siap menjawab tingginya kebutuhan meeting, incentive, conference, exhibition (MICE) kelas dunia, serta tempat tinggal ideal untuk berbisnis, wisata atau santai bersama keluarga.

PT. Jakarta International Expo (JIExpo) melalui anak usaha Holiday Inn Express JIExpo melengkapi fasilitas hotel dengan menyediakan Meeting, Incentives, Conference, and Exhibitions atau MICE. Bernama lotus Function Room, ruangan ini diharapkan dapat mendulang jumlah okupansi maupun pendapatan.