Infonitas > Feature >

Adu Konsep Restoran Alam di Tangerang

Kamis, 20 Sepember 2018 | 06:45 WIB

Editor : Galih Pratama

Reporter : Galih Pratama

Gazebo di samping Danau Cipondoh Tangerang jadi salah satu spot favorit di Jagarawa.
Foto : Reggy Prawoso

Restoran berkonsep alam kini menjadi alternative bagi masyarakat Tangerang yang ingin menikmati kuliner sekaligus suasana alam yang asri.

Bisnis kuliner di kawasan Tangerang bisa dibilang terus berkembang. Hal ini terlihat makin banyak bermunculan restoran yang menghadirkan beragam konsep untuk menarik pengunjungnya. Namun dari sekian banyak konsep yang ditawarkan, restoran berkonsep alam kini menjelma menjadi alternatif bagi keluarga yang ingin berewisata kuliner.

Pasalnya, tak sekadar bersantap, pengunjung juga bisa menikmati suasana alam terbuka tentunya akan membuat pikiran menjadi rileks dan cocok untuk liburan keluarga. Salah satu restoran berkonsep alam di Tangerang adalah Jagarawa. Ya, restoran yang berdiri sejak 2014 ini restoran berkonsep semi outdoor yang terletak dekat Danau Cipondoh Tangerang. “Kami ingin mengangkat Danau Cipondoh. Ini sesuai dengan nama Jagarawa, alias Jagain Rawa,” kata Amarullah Manager Jagarawa.

Membidik segmen keluarga, Jagarawa menawarkan wisata kuliner dengan suasana alam Danau Cipondoh. Seain dekat dengan Danau Cipondoh, area restoran juga dikelilingi dengan pohon rimbun yang menyejukkan. “Suasananya masih sangat asri. Kami sediakan 12 gazebo di pinggir Danau Cipondoh dengan beragam kapasitas. Mulai dari 4, 10, hingga 30 orang,” kata Amarullah.

Selain menawarkan suasana alam yang masih asri, lanjutnya, Jagarawa juga memadukan alam dengan hiburan interaktif. Di mana di salah satu sudut restoran terdapat mini zoo yang menghadirkan beberapa hewan. “Mini zoo ini bisa dibilang sebagai wisata edukatif bagi tamu yang datang. Khususnya bagi anak-anak, kami bisa mengedukasikan berbagai macam binatang seperti burung, ular, kucing, dan lainnya,” kata Amar.

Terbukti, lanjutnya, konsep tersebut mendapatkan minat pengunjung yang cukup tinggi. Saat week end, Amar mengaku tamu yang datang ke sini bisa mencapai 800 orang. Tak hanya dari Tangerang, mereka juga datang dari Jakarta. “Hampir 60 persen justru datang dari Jakarta Barat. Sisanya dari Tangerang dan sekitarnya,”kata Amarullah.

Begeser ke Istana Nelayan. Ya, restoran yang berdiri sejak 2000 ini juga hadir dengan konsep restoran yang memadukan suasana alam dengan aktivitas hiburan yang fun, edukatif dan sesuai untuk seluruh kebutuhan rekreasi keluarga. “Seiring tuntutan zaman, kami menghadirkan edukasi alam dengan hadirnya mini zoo, kebun cokelat, dan lainnya. Jadi pengunjung yang datang ke sini juga bisa menikmati suasana alam. Apalagi letak kami juga dekat bantaran Sungai Cisadane,” kata Waryadi Prio Utomo, General Manager Istana Nelayan.

Berdiri di atas lahan seluas 1,2 hektare, Istina Nelayan memiliki Indoor dining room yang berada di dalam bangunan berbentuk Kapal Phinisi raksasa dengan jumlah 21 ruangan private room dilengkapi fasilitas karaoke. Sedangkan outdoor dining room berada di area Pondokan dengan total 18 pondokan masing-masing memiliki kapasitas 10-20 orang. “Tanaman kakao ditanam di sepanjang area restoran menjadi salah satu keunikan restoran ini. Para pengunjung dapat belajar mengenai tanaman kakao,” katanya.

Tak hanya itu, ada juga fasilitas mini farm dan wahana permainan seperti becak mini, mobil listrik, dan playground. Adapun beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di dalam Mini Farm ini antara lain menyusui anak sapi, member makan domba dan kambing, member makan dan memancing ikan, berfoto dengan Iguana, menunggang kuda dengan kostum ala cowboy, bercocok tanam, serta naik delman istimewa.

Sementara untuk pelanggannya sendiri, Istana Nelayan bisa dibilang telah memiliki pelanggan setia. Mereka datang dari berbagai daerah. Tak heran bila week end tiba, pengunjung bisa mencapai 1.000 orang lebih. “Tak hanya Tangerang, ada juga yang datang dari Bogor, Bekasi, Jakarta Utara dan lainnya,” tutup Waryadi.

Tetap Memprioritaskan Kualitas Sajian Menu

Tak sekadar suasana alam yang asri, kualitas cita rasa makanan juga tetap menjadi prioritas dalam memanjakan tamu yang datang. Pelaku usaha restoran berkonsep alam harus jeli menghadirkan sajian yang sesuai keinginan pelanggan.

Seperti dikatakan Amarullah, Manager Jagarawa, tak hanya menghadirkan suasana alam, kesuksesan dalam usaha ini juga terletak pada variasi dan konsistensi cita rasa makanan, serta harga yang diberikan kepada pengunjung. “Kami selalu berusaha menjaga kualitas makanan dan memberikan harga yang bersahabat bagi pengunjung,” katanya. 

Jagarawa sendiri menyajikan sajian menu tradisional dan seafood. Salah satu menu favorit pelanggan Jagarawa adalah Gurame Jagarawa. Ada juga jengkol goreng dan yang paling banyak dicari adalah tumis bunga papaya. “Dalam sehari, kami pernah menghabiskan 30 kilogram bunga papaya,” ujarnya.

Selain menu tradisional, ada juga sajian seafood yang menggoda. Mulai dari olahan udang, kerang, dan lainnya siap menjadi pilihan pelanggan yang datang. Bahkan tiap bulannya, dipastikan ada menu khusus yang ditampilka. Seperti bulan Oktober ini, Jagarawa menghadirkan nasi bakar dengan udang bakar madu, ayam, dan sayuran. Harganya pun cukup terjangkau hanya  Rp 45 ribu.

Menariknya di Jagarawa memberikan kebebasan bagi pelanggan yang ingin membawa makanan dari luar “Kami berbeda dengan restoran lain, kami justru memberikan kebebasan bagi pelanggan yang ingin membawa makanan dari luar. Makanan itu biasanya makanan khas keluarga dari tamu yang ingin dinikmati bersama keluarganya di Jagarawa,” tutur Amar.

Sementara di Istana Nelayan,mereka menyajikan 120 jenis menu makanan. Pilihannya ada  seafood, Indonesian food, Chinese food, hingga Western food. Salah satu favorit yang banyak dipilih pelanggan yang datang adalah Gurame Lombok Hijau. “Menu ini favorit di sini. Ada juga ikon kami di sini adalah Sop Buntut,” kata Waryadi Prio Utomo, General Manager Istana Nelayan.

Selain itu, kata Waryadi, Istana Nelayan juga menyajikan menu lain yang tak kalah lezatnya. Misalnya Bebek Peking Panggang, AyamGoreng Singapore, SapoTahu Seafood, Sapo Kari Patin, Patin Tim Tauco, Udang Mayonaise, Cumi Goreng Tepung, GurameAsamManis, Ikan Kuwe Bakar, Gado-Gado dan Tahu Kipas. Sedangkan minumannya terdapat 30 jenis yang dijamin kehalalannya.