Infonitas > Depok > Pendidikan >

Siswa MTSN di Depok Ini Belum ‘Merdeka’, Mereka Belajar di Lantai

Rabu, 16 Agustus 2017 | 13:54 WIB

Editor : Ivan

Sumber : Merdeka.com

Siswa MTSN Depok belajar di lantai.
Siswa MTSN Depok belajar di lantai.
Foto : istimewa

Miris ketika melihat kondisi dua ruang belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Depok. Sebab di sana, siswa belajar tanpa meja dan kursi.

DEPOK – Kendati sudah 72 tahun lepas dari penjajahan, dunia pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya merdeka. Hal tersebut bisa terlihat dari banyak sekolah yang tidak layak di sejumlah daerah pelosok. Bahkan untuk sekolah di tengah kota sekalipun, masih ada yang belum bisa menunjang kebutuhan siswa dalam belajar.

Khusus untuk sekolah di tengah kota ini, contohnya adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Depok yang berlokasi di Kampung Sawah, Jatimulya, Cilodong, Depok. Sejumlah siswa di sini terpaksa belajar di lantai karena ruang kelasnya tidak dilengkapi meja dan kursi.

Kondisi ini terlihat pada dua dari enam kelas yang ada di MTSN Depok. Kedua kelas itu masing-masing diisi oleh 33 siswa yang terpaksa belajar ala kadarnya.

"Memang dua kelas ini belum ada meja maupun kursinya," kata Ridwan, Kepala TU MTsN Cimanggis seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (16/8/2017).

Ridwan menjelaskan, sebelumnya pihak sekolah sudah pernah mengusulkan bantuan atas kekurangan meja dan kursi belajar. Sayangnya, sampai sekarang usulan itu belum direalisasikan.

"Para siswa belajar pukul 07.00-14.15 WIB. Kondisi ini berlangsung sudah setahun lalu. Jumlah siswa keseluruhan mencapai 700-an," tukasnya.