Infonitas > Depok > Laporan Utama >

Menteri Susi Ajak Mahasiswa UI Depok Jaga Kelautan dan Perikanan

Selasa, 12 Sepember 2017 | 15:36 WIB

Editor : Galih Pratama

Reporter : Wildan Kusuma

Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti saat memberikan kuliah umum di FISIP Universitas Indonesia.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat memberikan kuliah umum di FISIP Universitas Indonesia.
Foto : Wildan Kusuma

Mahasiswa menjadi poros terpenting untuk menumbuhkan semangat menjaga keamanan laut dan perikanan di Tanah Air.

DEPOK - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak seluruh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) untuk menjaga kelautan dan perikanan Tanah Air. Hak tersebut disampaikannya dalam kuliah umun di Auditorium Juwono FISIP UI, Selasa (12/9/2017).

"Belajar, buka mata dan buka telinga," tutur Susi di depan ratusan mahasiswa yang menghadiri kuliah umum dengan tema "Illegal Fishing dan Respons Indonesia” ini.

Ia menjelaskan, beberapa kendala memang kerap dialami saat menjaga kelautan dan perikanan Indonesia. Salah satunya adalah terjadi  pro dan kontra dalam konstitutional.

"Memang ada rencana untuk memperbaiki UU perikanan, ada kekhawatiran kalau tidak dipertahankan bisa berubah. Ini panjang, kalau berpikir untuk perbaikan konstitusi, ini PR terbesar bangsa, kalau mau reforming harus punya mentality, dari segala pihak, revolusi mental diawali dari perguruan tinggi," katanya.

Ia menambahkan, mahasiswa menjadi poros terpenting untuk menumbuhkan semangat menjaga keamanan laut dan perikanan Indonesia

"Perguruan tinggi have a power (punya kekuatan) untuk merubah dan membuat perbedaan, nation sangat besar, jumlah polulasi juga sangat besar," tukasnya.