Infonitas > Depok > Laporan Utama >

Demi Predikat Kota Sehat, Satpol PP Sidak KTR Balai Kota Depok

Selasa, 19 Sepember 2017 | 18:09 WIB

Editor : Galih Pratama

Reporter : Wildan Kusuma

Satpol PP Depok sidak KTR di area kantor Balai Kota Depok.
Satpol PP Depok sidak KTR di area kantor Balai Kota Depok.
Foto : Wildan Kusuma

Sidak KTR Balai Kota Depok sebagai upaya Satpol PP mewujudkan Kota Depok meraih predikat kota sehat.

DEPOK - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok melakukan sidak Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di area kantor Balai Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (19/9/2017). Kepala Seksi Pengamanan dan Pengawalan Satpol PP Depok Taufiq mengatakan, sidak tersebut salah satunya untuk persiapan Depok sebagai kota sehat.

Menurutnya, Kota Depok akan segera dilakukan penelaian dari kementerian kesehatan mengenai kota sehat. "Mulainya dari hari Senin sampai Jumat. Hasilnya, masih banyak ditemukan yang merokok di kawasan bebas/tanpa rokok," ujar Taufiq kepada infonitas.com di Balai Kota Depok usai melakukan sidak.

Ia menambahkan, sasaran sidak tersebut, yaitu seluruh karyawan atau PNS dan tamu yang berkunjung ke Balai Kota Depok. Meski masih ada yang melanggar, pihaknya baru memberikan imbauan agar tak merokok di KTR.

"Kami ingatkan secara baik-baik, bahwa ini kan area Balai Kota, di aturan Perda sampai batas di luar. Di aturan perda kan sudah jelas.  Sebenernya bukan dilarang merokoknya, tp dilarang tempatnya," katanya.

Ia menambahkan, Perda mengenai KTR tersebut terdapat tujuh titik dilarang untuk merokok, iklan, atau promosi rokok. Tempat tersebut antara lain,  pusat perbelanjaan, kantor, kampus, sekolah, tempat umum, dan tempat ibadah.

"Sesuai dengan permintaan pimpinan, akan kami upayakan, kami sendiri yang pungut-pungut puntung rokok, ada juga pegawai yang sembunyi merokok, mudah2an ada perbaikan," tandasnya.