Infonitas > Depok > Kesehatan >

Imunisasi Rubella di Pengasinan Depok Dijamin Aman

Jumat, 18 Agustus 2017 | 14:32 WIB

Editor : Ivan

Sumber : DBS

Kepala Puskesmas Pengasinan Mukti Purnaningsih.
Kepala Puskesmas Pengasinan Mukti Purnaningsih.
Foto : istimewa

Warga Pengasinan Depok tak perlu takut terjadi apa-apa pada anaknya pasca imunisasi rubella. Puskesmas setempat menjamin hal tersebut.

DEPOK - Puskesmas Pengasinan, Depok, meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan pemberian imunisasi Measles Rubella (MR). Sebab berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI), vaksin MR yang digunakan sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Karena itu, vaksin ini aman untuk mencegah penyakit campak dan rubella.

“Orangtua tak perlu khawatir dengan efek samping setelah disuntik imunisasi MR. Sebab vaksin ini aman dan bertujuan untuk melindungi dari sejumlah penyakit,” kata Kepala Puskesmas Pengasinan Mukti Purnaningsih, baru-baru ini.

Dikatakannya, hingga kini belum ada laporan masyarakat pasca anak diberikan imunisasi MR. Menurutnya, vaksin ini digunakan untuk mencegah penyakit campak dan rubella yang masih banyak ditemukan di Indonesia. Apalagi, dampak dari penyakit tersebut bisa hingga menimbulkan kematian.

“Penyakit campak dan rubella belum ada obatnya. Tetapi penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan imunisasi MR,” ujarnya.

Dirinya pun mengajak semua pihak untuk mensuseskan program pemerintah yaitu bebas dari campak dan rubella tahun 2030. Karena itu, masyarakat jangan ragu untuk memberikan vaksin MR kepada anaknya.

“Demam ringan, ruam merah, bengkak ringan dan nyeri di tempat bekas suntikan setelah imunisasi adalah reaksi normal yang akan menghilang dalam 2-3 hari. Kemudian, kasus pasca imunisasi yang serius seperti kelumpuhan sangat jarang terjadi,” tutupnya.