Infonitas > Cibubur > Profil >

Ratih Sukmarini, Kerja Keras Berbuah Manis

Selasa, 28 November 2017 | 14:26 WIB

Editor : Muhamad Ibrahim

Reporter : Ronald Tanoso

Pemilik Sanggar Senam Kenaya Ratih Sukmarini
Pemilik Sanggar Senam Kenaya Ratih Sukmarini
Foto : Lulus Nurhadi

Kerja keras yang dilakukan Ratih Sukmarini dalam membangun bisnisnya berbuah manis.

CIBUBUR - Wanita kelahiran Merauke, 21 Juni 1970 memulai bisnisnya di tanah Papua dengan membuka jasa penyewaan dvd film. Siapa sangka, bisnis tersebut disambut antusias masyarakat setempat. Dalam sehari, dirinya mampu meraup keuntungan hingga ratusan ribu rupiah.

Di sana, Ratih Sukmarini giat mengumpulkan pundi-pundi keuangan. Hasilnya untuk modal di Ibu Kota. Tahun 2011, Ratih kemudian membuka usaha bidang waralaba dan kuliner. Lagi-lagi, usahanya berkembang dan diminati pelanggan.

Sebagai pengusaha, alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) terus mengembangkan bisnisnya. Ratih yang sedari kecil memiliki hobi menari ini membuka Sanggar Senam Kenaya. Sejak awal dibuka sudah ada 15 anggota aktif bergabung.

“Kini, sudah ada ratusan anggota Sanggar Senam Kenaya yang latihan rutin.  Tidak hanya orang dewasa tetapi juga anak muda,” terangnya. Tidak hanya senam, anggota juga kerap menggelar berbagai kegiatan kumpul bersama hingga aksi sosial.

Kedepan, Ratih masih memiliki rencana untuk mendirikan sebuah salon kecantikan di bilangan Kranggan, Bekasi. Menurutnya, bisnis kecantikan tak pernah sepi seiring tingginya permintaan perawatan kaum hawa.

“Semoga saya secepatnya bisa terwujud dan diterima banyak orang,” bebernya.

Segala kesuksesan yang diraih Ratih tak terlepas dari kerja keras dan pantang menyerah. Disamping itu, selalu bersyukur dan memanjatkan doa kepada Tuhan YME. Apapun yang dijalani akan diberi kemudahan dan keselamatan.

“Jika kita sudah kerja keras jangan lupa berdoa. Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik bagi seluruh hambaNYA,” tandasnya.