Infonitas > Cibubur > Pendidikan >

Pentingnya Peran Guru dalam Proses Belajar Anak

Jumat, 10 November 2017 | 15:49 WIB

Editor : Muhamad Ibrahim

Reporter : Ronald Tanoso

Ilustrasi. (Ist)
Ilustrasi. (Ist)
Foto : istimewa

Peran guru dalam proses belajar anak sangat penting untuk memaksimalkan kualitas belajar

CIBUBUR – Di era serba digital saat ini, peran guru sangat berpengaruh dalam mengatur pola belajar anak. Terlebih, serangan gadget yang begitu masif dalam segala aktivitas anak-anak. Mereka dengan mudah mengakses segala informasi tanpa ada filterisasi.

Kepala Sekolah SMA Sekolah Alam Cikeas (SAC) Hupron Fadilah mengatakan, kehadiran seorang guru menjadi salah satu kebutuhan utama anak dalam belajar. Hanya saja kata dia, peran guru harus dirubah agar memaksimalkan kualitas belajar.

"Seorang guru harus memposisikan dan meng-upgrade dirinya sebagai fasilitator yang terus memaksimalkan kualitas dan intensitas belajar anak," terangnya, saat berbincang hangat dengan Info Cibubur.

Menurutnya, seorang guru harus mampu menjadi seorang mentor yang bisa menemukan dan memaksimalkan potensi anak dalam menghadapi tantangan zaman.

"Jadi bukan hanya sebagai mediator untuk memindahkan isi buku ke otak anak saja," timpalnya.

Maka dari itu, SMA SAC hadir dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas terus menyesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan zaman.

Sebut saja, kurikulum  yang menitikberatkan pada potensi anak didik, guru berkualitas yang berperan sebagai tutor dan mentor hingga kolaborasi yang optimal dengan orang tua. Dengan begitu, SMA SAC mampu mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan zaman. 

"Sesuai dengan visi dan misi kami, yakni mencetak generasi pemimpin sekaligus mendukung program pemerintah dalam menyiapkan generasi unggul yang siap menghadapi persaingan global dengan penanaman karakter mulia," tegasnya.

Tambahnya, kurikulum pendidikan di SAC mengacu pada kurikulum nasional sekaligus mengadopsi dari sumber dan standar internasional. Selain itu, adanya pendekatan siswa dengan alam dalam bentuk proses belajar.