Infonitas > Cibubur > Laporan Utama >

Super Indo Hadirkan Fasilitas Pelatihan Urban Farming

Kamis, 11 Oktober 2018 | 18:24 WIB

Editor : Fauzi

Reporter : Leny Kurniawati

Pelatihan Urban Farming
Pelatihan urban farming di lahan Super Indo di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Foto : istimewa

Super Indo berharap, kehadiran fasilitas berkebung dengan konsep urban farming ini bisa memiliki manfaat di bidang penghijauan, ekonomi, kesehatan, hingga

BOGOR ­– Salah satu perusahaan ritel modern Super Indo, kembali menghadirkan fasilitas berkebun bagi masyarakat dengan mengusung konsep urban farming, yang ditandai dengan penanaman perdana di lokasi food garden (Kebun Tanaman Produktif) super Indo Pabuaran yang berlokasi di Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (11/10). Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo D. Yuvlinda Susanta mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh perakilan Pemkab Bogor, perwakilan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB), jajaran manajemen Super Indo, perwakilan tokoh masyarakat, pegiat lingkungan hidup, hingga anggota Komunitas Super Indo Berkebun (SIB).

Lebih jauh ia menerangkan, program berkebun yang dijalankan SIB di Bogor ini adalah perluasan dari kegiatan serupa yang sebelumnya dilakukan di Super Indo RE Martadinata, Ciputat, Tangerang Selatan, Super Indo Wibawa Mukti, Bekasi dan Super Indo Ujung Berung, Bandung dengan anggota aktif lebih dari 200 orang.

Kegiatan Super Indo Berkebun diinisiasi oleh Super Indo karena membawa banyak manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Kegiatan menanam yang sangat sederhana ini bisa menjawab masalah-masalah sosial, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan secara bersamaan. Implementasinya sangat mudah dan murah, karena bisa dilakukan dimana saya, termasuk di rumah-rumah perkotaan dengan menggunakan konsep urban farming,” paparnya. 

Ditambahkan olehnya, kegiatan ini mengkolaborasikan dan mengeksplorasi kegiatan hijau, terutama dengan mengajak dan melibatkan masyarakat dan stake holders secara aktif, dalam menjaga sumber pangan alami dengan menanam tanaman produkti seperti buah dan sayur.

“Berkebun dalam konsep urban farming kami lihat sebagai solusi dalam meningkatkan gaya 
hidup sehat baik fisik maupun mental. Kegiatan ini dapat memperbesar akses kosumsi 
sayuran dan buah secara mandiri, hanya saja masih belum banyak masyarakat yang 
mengerti cara menanam dan mendapatkan benih yang baik. Karenanya, Super Indo kembali mendedikasikan sebagian lahannya di kawasan Bogor seluas 225 meter persegi, sebagai media training menanam tanaman produktif secara gratis bagi masyarakat,” pungkasnya.


 
 
 
Berita Terkait
Tidak ada berita terkait