Infonitas > Cibubur > Laporan Utama >

Musim Hujan, Cibubur Termasuk Kawasan Rawan Banjir

Kamis, 8 November 2018 | 16:54 WIB

Editor : Fauzi

Sumber : DBS

Banjir Jakarta Timur
Ilustrasi banjir di Jalan Raya Pondok Gede, Kramatjati, Jakarta Timur .
Foto : istimewa

Kelurahan Cibubur dan depan Pasar Cibubur termasuk dalam dua kawasan rawan banjir saat musim hujan. Berbagai langkah antisipasi dan pencegahan sudah dilaku

CIBUBUR – Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengungkapkan, pihaknya telah memetakan dan melakukan antisipasi di sejumlah kawasan rawan banjir di Jakarta Timur, mengingat musim hujan sudah datang.

Dijelaskan olehnya, salah satu langkah antisipasi yang diambil adalah penyiapan posko bantuan. “Protap kita seperti biasa, menyiapkan petugas-petugas di sana (kawasan rawan banjir, termasuk dapur umum, penampungan dan sebagainya,” jelas Anwar, Kamis (8/11).

Lanjutnya, langkah antisipasi lain yang dilakukan adalah memperbesar sodetan, hingga normalisasi sejumlah sungai, anak sungai dan saluran air. Sejauh ini, sejumlah kawasan rawan banjir di Jakarta Timur belum terendam. “Mudah-mudahan belum, jangan sampai terjadi, ya,” harapnya.

Selain daerah Cipinang Melayu, Kramatjati dan Cawang di sepanjang bantaran Ciliwung, sejumlah daerah di Jakarta Timur termasuk kawasan rawan banjir saat musim hujan berdasarkan data BPBD DKI Jakarta. Misalnya di Kampung Rambutan, Ciracas, Cibubur, Kelapa Dua Wetan, kawasan depan Pasar Cibubur dan Gandaria (Kelurahan Kalisari). Adapula Cipinang Besar Selatan, Bidara Cina, Kampung Melayi, Pondok Bambu, Malaka Selatan, Duren Sawit, hingga Kelurahan Makasar.