Infonitas > Cibubur > Kuliner >

5 Kafe Pilihan di Kawasan Cibubur

Rabu, 13 Sepember 2017 | 11:43 WIB

Editor : Porwanto

Reporter : Ronald

Salah seorang barista di Jungle Runch sedang meracik kopi pesanan pelanggan.
Salah seorang barista di Jungle Runch sedang meracik kopi pesanan pelanggan.
Foto : Lulus Nurhadi

Selain menu minuman dan makanan yang menarik, 5 kafe pilihan di kawasan Cibubur ini didukung desain ruang dan fasilitas menarik lainnya.

Di kawasan Cibubur terdapat banyak destinasi wisata kuliner. Salah satunya, tempat ngopi atau kafe di Cibubur. Anda yang butuh rekomendasi kafe pilihan untuk kongko, Infonitas.com merekomendasikan beberapa tempat menikmati kopi di Cibubur. Ada Coffeezone, Arrt and Craft Food and Coffee, Honeycomb, Fieno Cafe dan Jungle Ranch Coffee.

1. Art and Craft Food and Coffee

Untuk menarik minat pengunjung, sang pemilik, Fenny Ariani menyediakan live music. Anda dan pasangan atau teman bakal merasakan suasana cozy. Lokasinya mudah dijangkau. Tepatnya, di Harvest Box, Harvest City, Jalan Transyogi Km.15 Cibubur-Cileungsi, Mekarsari.

Kafé ini menyajikan aneka menu kopi. Salah satunya expresso. Fenny mengatakan, ada beberapa jenis expresso yang ditawarkan. Sebut saja, Expresso Intenso, Cappuccino, Caramel Latte Machiato, Latte Machiato, dan Green Tea Latte.

Selain itu, Fenny juga menyajikan beberapa kopi asli Indonesia. Dihidangkan tanpa campuran. Seperti Robusta Bandung, Arabica Aceh Gayo Roasted, Arabica Papua Pegunungan Bintang, Arabica Natural Process, dan Arabic Apeaberry.


Salah satu pilihan kopi di Art and Craft Food and Coffee

Hidangan selain kopi juga tersedia. Seperti ice lemon dan teh asli. Untuk teh antara lain Hot Pot Green Tea, Ice Lemon Tea, Pucuk Tea, dan Teh Tarik. Fenny membeberkan, semua varian menu kopi dan hidangan minuman lainnya dibanderol mulai dari Rp 4.000 - Rp 18.000.

Untuk panganannya, Fenny menyediakan panganan khas kafe. Ada Rice Meet Rolladed Black Paper with Vegie Steam, Rice Calamari Crispy Mayo with Thai Souce, Rice Chicken Pow Steam Broccoli. Menu lainnya, Spaggeti, Beef Burger, Beef Hotdog, Bread Pizza, Cinnamon Roll, dan lainnya.

Untuk setiap sajian makanan yang baru dan khas kafe memiliki harga sama. Termasuk, tiga menu yang disebutkan pertama itu. Hanya Rp 23 ribu saja. “Untuk menu lainnya, kita mulai dari harga kisaran Rp 5.000 sampai Rp 15 ribu saja,” pungkasnya.

2. Coffeezone Kota Wisata

Coffezone berlokasi di pertokoan Boston Square, Kota Wisata. Kafe ini menawarkan nuansa vintage ala western. Berdiri di atas bangunan dua lantai, kafe ini menawarkan fasilitas free wifi. Ruangan full AC, terdapat smoking area dan private room.

“Sebuah kafé harus menjadi tempat yang nyaman untuk melarikan diri dari rutinitas. Maka dari itu, kafe menjadi tempat yang nyaman untuk kongko bersama teman-teman atau saat ingin menikmati waktu sendiri,” ujar Gusti Liesmaya Meigasari, pemilik Coffeezone Kota Wisata.

Kafé ini punya beberapa menu andalan. Sebut saja, aneka kopi kualitas Nusantara, Mie Jawa, Spaghetti, Nasi Goreng, Nasi Bebek, dan lainnya. Soal harga, Maya mengatakan, harga minuman dibanderol mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu untuk minumannya. Sedangkan menu dessert dan makanannya mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 35 ribu.


Salah satu sajian kopi di Coffe Zone.

3. Honey Comb

Honey Comb berada di lingkungan Kota Wisata Cibubur, Jl. Virginia, Blok L6 No. 10, Cibubur. Tempat kuliner satu ini justru tidak menawarkan madu. Tapi, kafé yang berdiri sejak Agustus 2016 itu punya beberapa menu andalan yang patut dicoba. Ada Crispy Bolognese, Chicken Rice, Beef Burger, Tokyo Dog, Chicken Wings.

Untuk minuman ada Espresso Coffee, Cappucino, Vietnamese Drip Coffee, Caffe Latte, Ice Coffee, Flavour Ice Latte, Taro Latte, Thai Tea Latte, Roaster Milk Tea, dan Chocolate Latte dan Hazelnut Latte.

“Semua menu ini memang terkesan western. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 8 ribu sampai Rp 40 ribu. Target pasar kita ini adalah anak sekolah di sekitar perumahan ini,” tutur Reinardus Aditya Supriyanto, pemilik Honey Comb.

Sesuai dengan namanya, Honey Comb ini berarti sarang madu. Namun menurut Adit, justru kafenya tidak menyediakan madu. Penggunaan nama honey terlihat pada konsep penataan ruangan. Ya, kafé yang dibangun di atas tanah seluas 200 meter persegi ini ditata sangat apik. Warna perpaduan putih dan kuning (madu) yang mendominasi hampir seluruh ruangan kafé ini. Beberapa kursi yang ada juga melengkapi meja-meja yang terkesan minimalis.

“Kita fasilitasi ruangan yang full AC, wifi, serta smoking area di outdoor. Kafé kita mampu menampung 50 orang untuk indoor-nya, sedangkan untuk outdoor-nya bisa sampai 20 orang,” pungkasnya. Jadi, kafe ini juga cocok untuk meeting, kumpul keluarga, serta merayakan ulang tahun.


Suasana di Honey Comb.

4. Fieno Cafe

Kafe ini didirikan oleh dua sahabat, Fitriani dan Eno Safitri. Kata ‘Fieno’ diambil dari nama kedua sahabat ini. Kafe di Kota Wisata Cibubur buka untuk kali pertama sejak 24 Desember 2016. Kafé ini menyediakan menu utama roti bakar, pasta, dan kopi. Lokasinya di Ruko Trafalgar Blok SEI No.21, Kota Wisata, Cibubur.

Berdiri di ruko dua lantai, kafe ini mampu menampung  sebanyak 75 orang. Bisa reservasi untuk kegiatan arisan dan kumpul bersama komunitas. Ruang pertemuan di lantai dua. Bisa menampung sampai 50 orang. Perlu Anda tahu, Fieno Café dikenal sebagai sekretariat motor besar Cibubur Motorcycles Community (CMC).

“Kita buat dengan konsep yang nyaman sebagai tempat nongkrong bagi siapa saja, teman-teman, rekan bisnis, juga keluarga,” ujar Fitriani, salah satu pelaku bisnis kafe di Cibubur ini.

Aneka pilihan menu lainnya, sebut saja appetizer, noddle, fried rice, siomay, black burger, dan masih banyak lagi. Menu yang menjadi favorit di sini ada beberapa. Yakni, Spaghetti Fettuccini Alfredo, Roti Bakar Nutella, House Fried Rice dan Indomie Monster.

Untuk minuman, ada beberapa menu unggulan. Antara lain, Green Tea Vanilla, Caramel Frappe, Ice Capucinno. Menu terbaru, ada Red Velvet. Menu ini disajikan dalam dua pilihan. Dalam bentuk hot dan Ice Red Velvet. Serta, Red Velvet Frappe. “Soal harga, cukup bersahabat kok. Mulai dari Rp 12 ribu sampai Rp 39 ribuan per porsinya,” ujarnya.

Menu favorit lainnya ada menu ‘berat’. Seperti, Ayam Goreng Penyet, Iga Goreng Penyet dan Iga Bakar Penyet. Nasi Goreng Gila yang pedasnya bikin lidah bergoyang juga digemari.

“Untuk fasilitas lainnya, di sini tersedia wifi dengan kecepatan 30 Mbps, ruang non-smoking (ber-AC) dan tempat smoking yang nyaman, selfi corner,” imbuhnya. Saat ini, layanan delivery order tersedia. Menurut empunya, kafe ini segera bekerja sama dengan layanan ojek online.


Hasil karya barista di Fieno Cafe.

5. Jungle Ranch Coffee

Kedai kopi ini kali pertama buka di Bogor. Lalu, melebarkan sayap bisnisnya ke Kota Wisata Cibubur, tepatnya di Pertokoan Sentra Eropa Blok A/7.

Adalah Handrian Carel Van Hon, bersama teman-temannya, mengelola bisnis kedai kopi ini. Ada beragam kopi asli Nusantara yang ditawarkan kafenya. Ada kopi yang berasal dari Gunung Kerinci Jambi, kopi Kintamani dari Bali, kopi toraja, kopi mandailing, kopi gayo, kopi mangkurajo, dan beberapa jenis kopi lainnya.

"Dua jenis kopi (robusta dan arabika) ini kami sajikan dengan mix dan disesuaikan dengan selera dan karakter konsumen," terangnya. Seperti, pour oven, shypon, chemex, aeropress, french press, crow brew, mocca pot, espresso, cappucino, latte, long black, affogatto dan charamel macchiato. 


Ingin menyeduh kopi di rumah? Jungle Ranch jual kopi bubuk murni kemasan 1 kilogram dan 200 gram.

Untuk secangkir kopi, Handrian membanderol seharga Rp 12 ribu hingga Rp 28 ribu. Tak hanya itu, kafe ini juga menyediakan kopi bubuk murni yang langsung digiling di kafe tersebut. Untuk diketahui, kafe ini memiliki mesin penggiling kopi tradisional. Pengunjung yang mampir akan melihat langsung proses penggilingan kopi.

"Kami sediakan bubuk kopi kemasan satu kilogram seharga Rp 250 ribu. Kami tawarkan juga dengan ukuran 200 gram seharga Rp 55 ribu. Untuk harga tergantung dari jenis kopinya," ujarnya.

Menu andalan lainnya, Ketok Magic. “Ketok Magic ini merupakan sajian kopi yang diracik sendiri dan disajikan dalam kemasan dan keadaan dingin," pungkasnya.