Infonitas > Cibubur > Kesehatan >

Mandi Malam Tak Selamanya Buruk, Ini Manfaatnya Guys

Kamis, 14 Sepember 2017 | 09:58 WIB

Editor : Muhamad Ibrahim

Sumber : DBS

Ilustrasi. (Ist)
Ilustrasi. (Ist)
Foto : istimewa

Kebiasaan mandi malam tak selamanya buruk. Ada sejumlah manfaat yang dapat dirasakan oleh seseorang

CIBUBUR  – Kebiasaan mandi malam menurut sebagian orang dapat menyebabkan penyakit rematik. Namun hingga kini, anggapan tersebut belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Terlepas dari rumor mandi malam dapat menyebabkan rematikm ternyata kebiasaan ini memiliki sejumlah manfaat tersendiri. Berikut manfaat mandi malam seperti mengutip Okezone.com, Kamis (14/9).

1. Tidur lebih nyenyak

Menurut salah seorang pakar tidur, Abigail Abrams, suhu tubuh merupakan komponen kunci dalam mengatur ritme tidur. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa pemanasan suhu tubuh dapat membantu seseorang tidur cukup waktu yang berguna untuk menenangkan diri.

Berkaitan dengan hal tersebut, mandi satu setengah jam sebelum tidur bisa menaikkan suhu tubuh sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

2. Tempat tidur bersih

Beraktivitas seharian penuh  membuat tubuh Anda berkeringat. Hal ini membawa banyak kuman yang menempel di kulit. Kuman tersebut akan membuat seseorang gelisah ketika tidur dan bisa saja menginfeksi.

Untuk itu, mandi malam sebelum tidur bisa menghilangkan kuman dan membantu tubuh serta tempat tidur bersih dari kuman. Tubuh dan tempat tidur yang bersih membantu Anda untuk menjaga kesehatan.

3. Aktivitas pagi yang membaik

Tidur yang nyenyak membuat mood seseorang menjadi baik keesokan harinya. Mandi di malam hari membuat tidur nyenyak akan membantu Anda menyambut pagi dengan lebih menyenangkan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas sebelum mandi pagi karena tubuh tidak mengeluarkan aroma yang mengganggu. Anda bisa bermeditasi, melihat matahari terbit, menulis , waktu berkualitas pagi bersama pasangan atau anggota keluarga, membaca buku.

4. Mengurangi cucian

Saat mandi malam dan berganti pakaian, tubuh Anda akan tetap bersih keesokan harinya. Hal itu membuat pakaian masih bisa dipakai pada malam selanjutnya karena tidak ditempeli kuman. Hal tersebut membantu Anda untuk mengurangi jumlah cucian walaupun hanya beberapa helai.