Infonitas > Cibubur > Kesehatan >

Inilah Deretan Penyakit Aneh dan Langka Sepanjang 2017

Minggu, 31 Desember 2017 | 08:06 WIB

Editor : Muhamad Ibrahim

Sumber : DBS

Pembengkakak usus yang berisi tinja seberat 11 kilogram (Ist)
Pembengkakak usus yang berisi tinja seberat 13 kilogram (Ist)
Foto : istimewa

Deretan penyakit aneh dan langka mengejutkan publik sepanjang 2017.

CIBUBUR - Awal tahun 2018 tinggal di depan mata, berbagai peristiwa telah terjadi sepanjang tahun 2017. Tak terkecuali dari dunia kesehatan seperti kisah-kisah penyakit aneh dan langka yang betul-betul terjadi di dunia nyata.

Berikut deretan penyakit aneh dan lucu yang dihimpun Infonitas.com, melansir dar Fox News, Sabtu (30/12/2017).

1. Sindrom Rapunzel

Jasmine Beever (16), mendadak meninggal dunia saat hendak berangkat kuliah. usut punya usut, kematian Jasmine disebabkan oleh bulu-bulu binatang yang membusuk dan menginfeksi perutnya. Selain itu, bulu-bulu itu membuat luka sehingg menyebabkan organ tubuhnya ditutupi.

Tidak hanya itu saja, dokter juga mendiagnosis Jasmine telah mengalami sindrom Rapunzel, karena menelan rambut sendiri yang disebabkan oleh gangguan jiwa disebut trichophagia.

2. Usus Bengkak Berisi Tinja Seberat 13 Kilogram

Penyakit aneh dialami seorang warga China. Di sana, ditemukan eg usus besar yang membengkak denhgan ukuran 30 inci atau setara dengan 76,2 sentimeter.

Berdasarkan hasil analisis dokter setempat, pembengkakak usus secara tidak normal tersebut disebut Hirschsprung. Penyakit ini menempati tubuh pengidapnya selama 22 tahun, setelah berhasil membuat usus membengkak, perut pengidap juga akan tampak menyerupai wanita hamil tua. Saat berhasil dioperasi, isi usus yang bengkak berisi tinja seberat 29 pon yang setara dengan 13 kilogram.

3. Wanita Berkeringat Darah

Cairan merah pekat selalu keluar dari tangan dan wajah selayaknya keringat. Penyakit ini dialami seorang wanita asal Italia berusia 21 tahun. Terlebih saat sang pengidap sedang beraktivitas secara fisik.

Berdasarkan hasil diagnosis dokter setempat, penyakit tersebut bernama Hematohidrosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh pelepasan darah secara spontan melalui jaringan kulit, dan juga di luar daerah yang tidak memiliki kelenjar keringat.

4. Kawat Penjepit Gigi Bersarang Diusus Selama 10 Tahun

Wanita asal Australia tiba-tiba mengalami sakit perut hebat. Dirinya pun langsung dilarikan ke rumah sakit setempat. Setelah dicek dan dilakukan pemeriksaan sinar X di dalam perutnya terdapat kawat penjepit gigi yang sudah bersarang selama 10 tahun.

5. Lelaki Cilik Tertidur Selama 11 Hari

Bagi manusia, tidur menjadi aktivitas wajar saat tubuh mulai lelah. Namun, bagaimana jika tidur menghabiskan waktu yang cukup lama hingga belasan hari.

Penyakit ini dialami oleh seorang laki-laki di Louisville. Awalnya, Wyatt sedang merayakan pernikahan saudaranya sebelum jatuh tertidur lelap. Keesokan harinya, dirinya mengeluh sakit perut dan kepala hingga kemudian tertidur dan tidak bangun.

Kasus yang dialami oleh Wyatt tersebut tidak hanya misterius, tapi juga sekaligus langka. Dokter pun memberikan obat yang biasanya digunakan untuk mengobati orang kejang, dan obat itu sepertinya membantu Wyatt.