Infonitas > Cibubur > Famili >

Ayah Bunda, Ketahui Kiat Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Selasa, 2 Januari 2018 | 15:27 WIB

Editor : Muhamad Ibrahim

Sumber : DBS

Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa

Mendidik anak berkebutuhan khusus memiliki kiat khusus agar tumbuh kembang optimal. Ayah bunda harus mengetahui kiat mendidik mereka dengan benar.

CIBUBUR - Mendidik dan menangani anak berkebutuhan khusus perlu kiat tersendiri. Kesabaran, wawasan serta ilmu pengetahuan sangat diperlukan orangtua agar mampu mengarahkan tumbuh kembang anak secara optimal.

Anak yang berkebutuhan khusus memiliki perilaku yang berbeda dengan anak pada umumnya. Baik secara mental, emosi maupun fisik. Anak yang masuk kategori ini adalah tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras.

Pendiri Sekolah Pelangi Vindhy Fitrianti mengungkapkan, untuk mendidik anak berkebutuhan khusus ada kiat yang harus dilakukan orangtua.  "Kesabaran orang tua dan wawasan akan sangat dibutuhkan agar mampu mengarahkan mereka secara tepat," bebernya.

Berikut kiat mendidik anak berkebutuhan khusus menurut Pendiri Sekolah Pelangi Vindhy Fitrianti.

1. Orangtua Lebih Terbuka pada Anak

Orangtua yang dianugerahi anak berkebutuhan khusus disarankan bersikap lebih terbuka dengan keadaan. Sikap keterbukaan mengenai keadaan anak ini bisa meliputi adanya rasa menerima keadaan dan kondisi anak apa adanya.

2. Lakukan Pengawasan Sedini Mungkin

Menurut Vindhy, anak berkebutuhan khusus memerlukan pengawasan lebih ekstra dibandingkan dengan anak lain. Di sini, peran orangtua melakukan pengawasan sedini mungkin mengenai tumbuh kembang anak. Terlebih jika pertumbuhan fisik dan mental tidak ada perubahan dalam jangka waktu cukup lama. Segera bawa anak ke dokter ahli atau konsultasikan dengan pakar psikolog agar diperiksa lebih lanjut dan akurat.

3. Tanamkan Kemandirian Sejak Dini

Tanamkan kemandirian sejak dini kepada anak berkebutuhan khusus. Dengan begitu, dirinya akan mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Salah satu caranya, dengan belajar mandi, makan, tidur sendiri hingga berangkat sekolah.

4. Kerjasama dengan Pihak Sekolah

Terakhir, orangtua harus menjalin kerjasama dengan pihak sekolah, tujuannya membantu memantau perkembangan mental, sikap, dan karakter anak berkebutuhan khusus. Dengan begitu, orangtua akan lebih mudah memberikan metode yang tepat dalam mendidik dan memberikan perhatian khusus.