Infonitas > Bogor > Komunitas >

Yuk, Belajar Pengetahuan Lingkungan dengan Cara Fun

Kamis, 7 Sepember 2017 | 11:23 WIB

Editor : Galih Pratama

Reporter : Arimbi M

Komunitas Ecofun Bogor
Komunitas Ecofun Bogor.
Foto : Arimbi Margono

Komunitas Ecofun menggunakan berbagai permainan untuk mengenalkan pengetahuan dan pemahanan anak-anak di Bogor terhadap lingkungan sekitarnya.

BOGOR - Belajar seputar lingkungan sambil bermain merupakan sebuah cara yang diterapkan oleh Komunitas Ecofun, Bogor untuk mengajak anak-anak tingkat Sekolah Dasar untuk memiliki pemahaman dan pengetahuan seputar lingkungan. Salah satunya menggunakan permainan Ecofunopoly yang memiliki berbagai tema pembahasan lingkungan.

"Jadi mengajak mereka mencintai lingkungan dengan cara yang fun. Karena memang jika dilakukan dengan fun pasti akan lebih mengasikan dan tidak akan membosankan. Tak hanya dimainkan oleh anak-anak saja, permainan ini bisa dimainkan oleh orang dewasa juga,"kata Annisa Hasanah, Founder Komunitas Ecofun.

Komunitas yang berdiri sejak 2010 ini memiliki sekitar 20 volunteer aktif. Mereka juga punya segudang prestasi membanggakan,  baik di tingkat nasional maupun Internasional. Salah satu adalah pemenang di Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) US Embassy untuk kategori "Future Seeds Grant" 2017. 

"Saat ini kami sudah berjejaring dengan beberapa wilayah ASEAN, yakni Filipina dan Myanmar,"kata Annisa.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan Komunitas Ecofun. Salah satu yang menonjol adalah Ecofun Go Action, yakni sebuah kegiatan edukasi lingkungan di taman kota yang diadakan setiap minggu dengan tema yang berbeda-beda.

"Ada pula edukasi ke sekolah-sekolah di wilayah Bogor dan sekitarnya,"ungkapnya.