Infonitas > Bekasi > Pendidikan >

Try Out USBN untuk Tolak Ukur Siswa dan Guru

Senin, 26 Februari 2018 | 19:13 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : Leny Kurniawati

SMP Tunas Jakasampurna
SMP Tunas Jakasampurna menggelar try out USBN tingkat SD.
Foto : Leny Kurniawati

Seusai pelaksanaan Try Out USBN, pihak sekolah juga berbagi untuk mendemontrasikan pembelajaran dengan Mind Mapping.

BEKASI - SMP Tunas Jakasampurna mengadakan Try Out USBN Tingkat SD. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Try Out kelas VI tahun pelajaran 2017/2018 yang diselenggarakan di SMP Tunas Jakasampurna.

Tujuannya, mendorong proses pembelajaran agar dilaksanakan sesuai dengan kurikulum dan daya serap siswa. Sebagai tolok ukur siswa dalam menempuh USBN. Juga, sebagai acuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran agar sesuai kurikulum yang berlaku. Serta, mengetahui hasil/standar mutu pendidikan di tingkat SD. 

Menurut Kepala Sekolah SMP Tunas Jakasampurna Ayu Supriningsih, dasar pemikiran dalam proses pembelajaran di sekolah, mulai tingkat dasar sampai atas mengharapkan bagaimana siswa mampu menyerap dan menguasai materi. 

"Berbagai metode pembelajaran diterapkan dengan tujuan utama adalah siswa mampu menyerap dan memahami materi ajar tersebut. Ini dilakukan  untuk mengetahui sejauhmana siswa mampu menyerap materi dalam proses pembelajaran dan menjadi acuan siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi pasti diberlakukan proses ujian," ungkapnya kepada infonitas.com, Sabtu, (24/2/2018) kemarin. 

Guna mempersiapkan siswa kelas 6 menempuh USBN, tentu siswa harus belajar lebih giat lagi dan tak jarang sekolah memberlakukan jam belajar tambahan. Dalam mempersiapkan USBN juga perlu banyak latihan mengerjakan soal-soal yang dikenal dengan Try Out atau simulasi agar kemampuan siswa mengerjakan soal lebih baik lagi.  

"Hal ini menjadi salah satu pendorong bagi kami SMP Tunas Jakasampurna untuk membantu memberikan latihan ujian/TRY OUT bertujuan mengukur kemampuan siswa guna mempersiapkan USBN. Apalagi, sambutan dari masyarakat sangat antusias. Terbukti jumlah peserta Try Out yang diselenggarakan SMP Tunas Jakasampurna sebanyak 453 siswa kelas 6 dari puluhan SD se-Bekasi Selatan," jelas Ayu.

Seusai pelaksanaan Try Out pihak sekolah juga berbagi untuk mendemontrasikan pembelajaran dengan Mind Mapping agar anak cepat menangkap materi dan daya ingat bertahan lama (long term memory).

Sehingga, testimoni siswa SMP Tunas Jakasampurna mempresentasikan Mind Mapping yang dibuatnya dari satu bab materi ternyata hanya cukup menjadi satu lembar mind mapping dan mampu menjabarkan dengan runtut, juga lengkap dan jelas, tanpa harus menghafal berulang kali. 

Sambil menunggu pengumuman dan pembagian piala, hadiah bagi peringkat terbaik juara 1,2,3,4,5 dan 6 dari hasil try out, anak-anak menyaksikan hiburan, quiz berhadiah, dan ada door prize. Tak hanya itu, suasana juga sangat meriah dan semua mengikuti dengan sangat antusias sampai akhir acara.

Ayu berharap lewat kegiatan ini pihaknya bisa membantu siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi USBN. "Kita ingin lebih mengakrabkan dan terjalin kerjasama lebih baik dalam bersumbangsih upaya meningkatkan mutu pendidikan dengan para pendidik se-Bekasi Selatan," pintanya.