Infonitas > Bekasi > Laporan Utama >

Uniknya Bisnis Hotel Di Kota Bekasi

Jumat, 14 Sepember 2018 | 17:39 WIB

Editor : Fauzi

Reporter : Leny Kurniawati

Hotel Santika Premiere Kota Harapan Indah
Hotel Santika Premiere Kota Harapan Indah
Foto : Dwi Prastyo

Berada di kota penyangga Ibukota, bisnis hotel di Kota Bekasi memiliki beberapa keunikan. Salah satunya segementasi sulit, high demand low budget.

BEKASI – Pertumbuhan bisnis hotel di Kota Bekasi beberapa tahun belakangan, dinilai memiliki sisi positif dan negatif. Kondisi ini menjadikan bisnis hotel di Kota Patriot bisa dibilang unik. Penilaian ini disampaikan oleh GM Hotel Santika Premiere Kota Harapan Indah Endy Basuki.

Endy mengatakan, seiring dengan meningkatnya geliat sektor pariwisata, pertumbuhuan hotel di Kota Bekasi beberapa tahun belakangan sangat baik. “Tapi, ada dua sisi berbeda yang mengikutinya.

“Positifnya, bisnis hotel menyediakan lapangan pekerjaan, sekaligus menjadi landmark pertumbuhan suatu daerah, sehingga menjadi kebanggaan keberhasilan. Negatifnya, karena izin perhotelan dipermudah, terjadi over supply yang menyebabkan terjadinya perang harga yang diikuti dengan ancaman kelangsungan industri hotel itu sendiri,” paparnya.

Keunikan pasar bisnis hotel Bekasi tidak hanya berhenti di situ. Sebagai kota satelit dari Ibukota Negara, bisnis hotel di Bekasi juga terpengaruh tumpuan pergeseran pembangunan Ibukota dan kaum urban living. “Tapi, trend segmentasinya sulit, yakni high demand low budget, atau ekspektasi tinggi tapi (maunya) harga murah,” tandasnya.

Ditambahkan olehnya, ke depan ia berharap persaingan bisnis hotel di Kota Bekasi bisa berjalan dengan sehat atau blue ocean, dengan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. “Bukan dengan membanting harga jual atau red ocean,” pungkasnya.