Infonitas > Bekasi > Laporan Utama >

Suap Meikarta, KPK Kembali Periksa Toto Bartholomeus

Jumat, 9 November 2018 | 14:34 WIB

Editor : Fauzi

Sumber : DBS.

Eks Presdir Lippo Cikarang Toto Bartholomeus
Toto Bartholomeus.
Foto : istimewa

Ini merupakan pemanggilan kedua Toto dalam kasus dugaan suap Meikarta oleh penyidik KPK. Pada akhir November lalu, ia diperiksa untuk tersangka Billy Sindo

BEKASI – Mantan Presiden Direktur Lippo Cikarang Toto Bartholomeus, hari ini, Jumat (9/11) dijadwalkan kembali menjalani pemeriksaan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait dugaan kasus suap perizinan proyek pembangunan Meikarta milik Lippo Group di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

“(Mantan) Presiden Direktur Lippo Cikarang Toto Bartholomeus dipanggil sebagai saksi untuk tersangka SMN. Selain itu, penyidik juga memanggil Kepala Bidang Penyuluhan dan Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran, Pemerintah Kabupaten Bekasi Asep Buchori,” jelas Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jumat (9/11).

SMN yang disebut merujuk pada Kepala Dians Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi Sahat MBJ Nahor, yang diduga KPK turut menerima aliran dana suap dari proyek Meikarta. Sebelumnya, pada 25 November lalu Toto juga diperiksa penyidik KPK, untuk tersangka Direktur Operaional Lippo Group Billy Sindoro.

Dalam penanganan kasus dugaan suap Meikarta ini, penyidik, kata Febri, mendalami tiga hal dari setiap saksi yang diperiksa. Pertama, rencana awal proyek dan kepengurusan berbagai izin. Kedua, rekomendasi dari Pemprov seperti apa. Ketiga, asal-usul uang yang diduga sebagai suap. “Ini menjadi perhatian KPK, apakah sumber uang itu pribadi, korporasi, atau bagaimana,” tandasnya.