Infonitas > Bekasi > Laporan Utama >

Presiden Jokowi Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Nasional

Selasa, 4 Desember 2018 | 18:20 WIB

Editor : Fauzi

Reporter : Leny Kurniawati

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Peringatan Hari Disabilitas Nasional tahun 2018 di Kota Bekasi.
Foto : Leny Kurniawati

Dalam Peringatan Hari Disabilitas kali ini, Presiden Jokowi juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para penyandang disabilitas berprestasi.

BEKASI – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri kegiatan Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang dihelat di Summarecon Mal Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (3/12). Peringatan kali ini mengusung tema nasional, ‘Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas. Presiden Jokowi pun dalam kesempatan ini menjanjikan hal menarik bagi para penyandang disabilitas, yakni akan sesegera mungkin merealisasikan pembangunan pabrik khusus bagi penyandang disabilitas, yang digagas pada tahun 2014 silam.

“4 tahun lalu saya mendapat usulan membuat pabrik untuk penyandang disabilitas, waktu itu katanya mau cari tanahnya, saya tunggu-tunggu sampai sekarang belum ada kabar. Hari ini saya perintahkan Menteri Sosial selesaikan masalah ini,” kata Jokowi, Senin (3/12).

Menurut Presiden Jokowi, hak-hak penyandang disabilitas sudah diatur dalam Undang-Undang. Namun, ia ingin mengimplementasikan hal yang lebih rill bagi orang-orang berkebutuhan khusus. “Pabriknya nanti bisa macam-macam. Misalnya, garmen, elektronik atau yang lainnya. Harus ada wadah yang diberikan oleh negara untuk penyandang disabilitas,” kata Presiden Jokowi.

Pada momen Peringatan Hari Disabilitas Nasional kali ini, Presiden Jokowi juga berkesempatan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para atlet disabilitas yang mampu mengharumkan nama Indonesia dalam ajang Asian Para Games 2018, serta sejumlah penyandang disabilitas yang berprestasi di berbagai bidang lainnya. Dan, turut dibagikan pula 2 ribu alat bantu dengan serta seribu kursi roda.