Infonitas > Bekasi > Laporan Utama >

Pemkot Bekasi Bangun Sekolah Khusus Penyandang Disabilitas

Rabu, 5 Desember 2018 | 09:15 WIB

Editor : Fauzi

Sumber : DBS

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Peringatan Hari Disabilitas Nasional tahun 2018 di Kota Bekasi.
Foto : Leny Kurniawati

Pembangunan sekolah khusus penyandang disabilitas ini, merupakan jawaban Pemkot Bekasi atas tantangan yang diberikan Presiden Joko Widodo.

BEKASI – Pemkot Bekasi bakal mewujudkan pembangunan sekolah khusus bagi penyandang disabilitas. Hal ini diutarakan oleh Walikota Bekasi Rahmat Effendi. Menurutnya, hal ini merupakan salah satu inovasi jajarannya dalam bidang pendidikan, sekaligus untuk menjawab tantangan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

Ya, pada Senin (3/12), Presiden Joko Widodo menghadiri Peringatan Hari Penyandang Disabilitas Nasional yang diadakan di kawasan Summarecon Bekasi, Kota Bekasi. “Ini gebrakan setelah peringatan Hari Disabilitas kemarin di Kota Bekasi. Digagas saat bersama Presiden Joko Widodo kemarin, ternyata anak-anak kita butuh sekolah khusus,” ujar Rahmat Effendi saat meninjau lokasi pembangunan sekolah khusus penyandang disabilitas di kawasan Margajaya, Bekasi Selatan, Selasa (4/11).

Lebih jauh pria yang akrab disapa Pepen tersebut menerangkan, pembangunan sekolah ini memanfaatkan lahan yang dulu dipakai untuk SD Margajaya III, lokasinya di belakang Pengadilan Negeri Bekasi. “SD Margajaya III, saat ini sudah dimerger dari beberapa SD Margajaya, dan ini ex SD Margajaya I, IV dan V kita jadikan SMP yang terdapat 24 RKB dengan kemungkinan menampung kurang lebih 400 siswa. Di sebelahnya akan dibangun sekolah khusus bagi penyandang disabilitas untuk SD dan SMP, nantinya akan memiliki 6 ruang kelas baru (RKB),” paparnya.

Ia menambahkan, anggaran pembangunan sekolah khusus ini akan diambil dari dana APBD Pemkot Bekasi lebih kurang Rp 3 miliar. Ini untuk mendukung beberapa fasilitas khusus penyandang disabilitas yang harus dipersiapkan, sepert tangga maupun kloset khusus. “Harapan kami, semua anak di Kota Bekasi mendapatkan hak yang sama di bidang pendidikan untuk mewujudkan visi Kota Bekasi Cerdas,” pungkasnya.