Infonitas > Bekasi > Laporan Utama >

Menanti Tarif Bus Trans Patriot

Rabu, 5 Desember 2018 | 08:05 WIB

Editor : Fauzi

Sumber : DBS

Bus Trans Patriot
Bus Trans Patriot.
Foto : Leny Kurniawati

Rencananya, tarif bus Trans Patriot tidak akan lebih mahal dari tarif Trans Jakarta maupun angkutan regional yang ada di Kota Bekasi.

BEKASI – Sejak pertama kali dioperasionalkan pada 26 November 2018 lalu, perlahan animo masyarakat untuk menggunakan Trans Patriot meningkat. Setelah sebelumnya digratiskan, mulai Senin (3/12) kemarin, direncananya moda transportasi massal ini akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.500 sekali jalan. Namun, hingga kemarin tarif ini belum diberlakukan, lantaran masih dilakukan kajian. (Pengkajian tarif msih berlangsung, masih rapat. Kalau belum ditentukan, berarti tahap perpanjangan (gratis),” jelas Humas Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) sebagai pengelola Trans Patriot.

Lebih jauh ia menerangkan, ketentuan besaran tarif moda transportasi yang saat ini baru memiliki dua rute ini, yakni Terminal Bekasi – Harapan Indah sepanjang 14,7 kilometer dan Harapan Indah - Terminal Bekasi sepanjang 9,6 kilometer ini berada di keputusan Walikota Bekasi. Untuk penentuan besaran tarif, dikaji berdasarkan tiga aspek.

“Pertama aspek yuridis, yakni Peraturan Walikota Bekasi No.57 Tahun 2018, aspek sosiologis dan aspek teknis berupa jarak tempuh. Rencana awal tarif bus Trans Patriot Rp 3.500 per orang, tapi perlu pengkajian dan penghitungan yang lebih matang. Mudah-mudahan Rabu (5/12) sudah bisa dibebankan (tarif),” pungkasnya.