Infonitas > Bekasi > Laporan Utama >

Lahan Pertanian Kekeringan, Ini Reaksi DPRD Kabupaten Bekasi

Rabu, 12 Sepember 2018 | 18:41 WIB

Editor : Fauzi

Sumber : DBS

Ilustrasi Kekeringan Di Kabupaten Bekasi
Ilustrasi Kekeringan Di Kabupaten Bekasi
Foto : istimewa

Pihak DPRD Kabupaten Bekasi mengusulkan untuk membuat talang air cadangan, agar lahan pertanian bisa teraliri sepanjang tahun.

BEKASI – DPRD Kabupaten Bekasi meminta Perum Jasa Tirta (PJT) II untuk segera memperbaiki Talang Air Rawa Lele di kawasan Cibitung yang mengalami longsor. Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi Kardin mengatakan, akibat longsor tersebut, sekira 1.7000 lahan pertanian di Kabupaten Bekasi mengalami kekeringan.

“Talang Air Rawa Lele merupakan sumber air utama untuk 1.700 lahan pertanian di Kecamatan Tambelang, Sukatani, Sukakarya dan Cibitung. Kita sudah komunikasikan ke operator (PJT II) untuk memperbaikinya,” ujar Kardin, Rabu (12/9).

Sebagai langkah sementara, lanjutnya, digunakan tiga alat penyedot air untuk mengaliri sawah di empat kecamatan tersebut, dengan mengambil sumber air dari Kali CBL (Cikarang-Bekasi-Laut) dan Kali Cikarang.

“Memang belum maksimal hasilnya, karena tidak semua lahan pertanian di empat kecamatan tersebut bisa teraliri air. Kedepan, sambil memperbaiki Talang Air Rawa Lele, Kabupaten Bekasi juga akan membuat talang baja, sebagai cadangan talang air, jika di Rawa Lele rusak,” pungkasnya.