Infonitas > Bekasi > Laporan Utama >

Kecamatan Bekasi Barat Gelar Kursus Calon Pengantin

Kamis, 14 Sepember 2017 | 15:43 WIB

Editor : Fauzi

Reporter : Indah Mulyanti

Kursus Calon Pengantin
Kursus calon pengantin di Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.
Foto : istimewa

Kursus calon pengantin di Bekasi Barat ini menghadirkan beragam pemateri, mulai dari Kementerian Agama, Dinas Kesahatan, Dinas Pendidikan hingga BKKBN.

BEKASI - Sebanyak 30 pasang calon pengantin (Catin) mengikuti kegiatan kursus calon pengantin (Suscatin) di Aula Kecamatan Bekasi Barat, Kamis (14/9). Kepala KUA Bekasi Barat Madinah mengatakan, ini merupakan program langsung dari Kementerian Agama dalam mengambil langkah pembinaan serentak, secara bergilir di seluruh kecamatan. Selain itu, kursus ini bertujuan agar nantinya setelah menikah, dapat terbentuk keluarga yang sakinah, mawwadah dan warahmah.

"Pembinaan ini dilakukan selama 2 hari, dan perdananya dilakukan di kecamatan Bekasi Barat. Supaya pasangan yang akan melangsungkan pernikahan nantinya akan mendapatkan ilmunya, kelak menjadi keluarga yang sakinah, mawadah warahmah. Kalau punya anak pun bisa menjadi anak yang soleh dan soleha," ujar Madinah.

Lebih jauh ia menjelaskan, narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, serta Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Materinya seputar pernikahan, seperti bagaimana mempersiapkan perkawinan yang kokoh, mengelola dinamika perkawinan, memenuhi kebutuhan keluarga, menjaga kesehatan reproduksi, bagaimana mempersiapkan generasi berkualitas, serta mengelola konflik dan membangun ketahanan keluarga. 

Kegiatan kursus calon pengantin ini sendiri juga diharapkan dapat meningkatkan angka pernikahan berkualitas, sekaligus menekan angka kegagalan rumah tangga, khususnya di Bekasi Barat.