Infonitas > Bekasi > Laporan Utama >

Hibah Dari DKI, Pemkot Bekasi Bangun Gorong-Gorong Kali Buaran

Kamis, 8 November 2018 | 11:06 WIB

Editor : Fauzi

Sumber : DBS.

Bajir Kali Malang
Banjir di kolong jembatan Tol JORR di kawasan Jalan Raya Kali Malang, Bekasi Barat beberapa waktu lalu.
Foto : istimewa

Pemkot Bekasi mengusulkan anggaran sebesar Rp 16 miliar untuk pembangunan gorong-gorong Kali Buaran. Dananya diambil dari hibah kompensasi TPST Bantargeban

BEKASI – Pemkot Bekasi bakal menerima dana hibah Rp 602 miliar dari sekira Rp 1 triliun yang diajukan kepada Pemprov DKI Jakarta tahun depan. Dari jumlah tersebut, 403 miliar untuk pembangunan proyek infrastruktur, di antaranya flyover Cipendawa, flyover Rawapanjang dan gorong-gorong Kali Buaran.

Untuk proyek gorong-gorong Kali Buaran, usulannya sudah disetujui oleh Pemprov DKI Jakarta. Hal ini seperti dikatakan oleh Kasi Pengembangan Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi Idi Susanto. “Kita kemarin usulkan ke (Pemprov) DKI Rp 16 miliar (untuk gorong-gorong). Kalau sudah dikasih, kita perlebar saluran air di bawah tol. Pembangunannya sekitar 6 bulan sampai setahun,” terangnya.

Gorong-gorong Kali Buaran sendiri, merupakan proyek baru pembuatan gorong-gorong yang melintasi bawah Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR). Pembangunan ini penting, untuk mencegah air meluap ke jalan raya yang berbatasan dengan DKI Jakarta, seperti di daerah Jalan Raya Kali Malang, Bekasi Barat.

Dana yang digunakan untuk pembangunan gorong-gorong Kali Item ini merupakan bagian dari danah hibah kompensasi dari keberadaan TPST Bantargebang, dari Pemprov DKI Jakarta kepada Pemkot Bekasi.