Infonitas > Bekasi > Laporan Utama >

Fasilitas Penunjang Kaum Disabilitas Perlu Ditingkatkan

Rabu, 10 Oktober 2018 | 13:32 WIB

Editor : Oktaviani

Reporter : Leny Kurniawati

Peresmian Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi.
Peresmian Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi.
Foto : Leny Kurniawati

Pemerintah Kota Bekasi terus melakukan peningkatan fasilitas penunjang bagi kaum disabilitas.

BEKASI - Bantuan masyarakat masih sangat dibutuhkan untuk menunjang kemudahan bagi kaum disabilitas. Melalui pelayanan publik yang layak mereka mampu menjadi insan mandiri serta bisa berkontribusi dalam bermasyarakat dan bernegara. 

"Bagus pada prinsipnya MPP merupakan bentuk terobosan baru dalam meningkatkan pelayanan publik dengan tujuan memberikan kemudahan dan keterjangkauan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik," ungkap Choiruman Juwono Putro, Ketua Komisi 1 DPRD Kota Bekasi kepada infonitas.com, Rabu (10/10/2018).

Menurut Choiruman, MPP ini tentunya masih harus terus diperbaiki dan ditingkatkan kualitas serta kuantitas pelayanan dengan menambah berbagai fasilitas penunjang bagi berbagai kondisi dan latar belakang masyarakat, khususnya perempuan, dan kaum disabilitas. 

"Kita harus menambah jumlah unit layanan dari kementerian, institusi lembaga vertikal, BUMN, dan institusi swasta," katanya.

Ia menambahkan, realita yang dihadapi para penyandang disabilitas adalah pelayanan minim, sehingga menjadi kendala bagi kaum disabilitas untuk mengakses pelayanan publik.

"Karena penyandang disabilitas ini sangat sensitif, kehadiran mereka belum tentu dapat dipastikan setiap hari, kadang-kadang ada yang seminggu sekali atau sebulan sekali. Dan pengadaan fasilitas penunjang khusus disabilitas merupakan wujud implementasi visi dan misi Kota Bekasi 2018-2023, yaitu Bekasi Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera, dan Ihsan," pungkasnya.