Infonitas > Bekasi > Laporan Utama >

Angka Pengangguran Kota Bekasi Lebihi Angka Nasional

Kamis, 6 Desember 2018 | 08:50 WIB

Editor : Fauzi

Sumber : DBS

Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto.
Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto.
Foto : Dwi Prastyo

Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto mengakui, secara persentase, angka pengangguran di Kota Bekasi yang mencapai 9 persen, lebihi angka nasional.

BEKASI – Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto mengakui, jika secara persentase, angka pengangguran di Kota Bekasi yang mencapai 9 persen, lebih tinggi dari angka pengangguran di tingkat nasional.

Sementara, merujuk data BPS hingga Agustus 2018 lalu, angka pengangguran di Indonesia mencapai 5,43 persen atau sekira 70 juta orang, dari 131,01 juta angkata kerja atau hanya 124,01 juta orang tang bekerja.

“Secara persentase memang lebih tinggi, tapi bukan jumlah (pengangguran). 9 persen dari 2,6 juta penduduk itu tinggi, karena Kota Bekasi banyak penduduk urbanisasi. Kita akan tekan angka pengangguran tersebut, salah satunya dengan menciptakan lapangan kerja, termasuk program pemagangan Kementerian Tenaga Kerja,” ujarnya, Rabu (5/12).

Lebih jauh ia menerangkan, upaya lain untuk menekan angka pengangguran di Kota Bekasi adalah, dengan membuka sekira 150 ribu lapangan pekerjaan hingga lima tahun kedepan, dimana pertahun targetnya mampu membuka 30 ribu lapangan pekerjaan baru, didukung dengan program pemagangan.

“Dan, program lain Pemerintah Kota Bekasi adalah dengan membuka pelatihan bagi masyarakat, tanpa mengenai batas usia. Kita buat pelatihan agar kelak mereka jadi pengusaha. Setiap minggu juga kita berikan keterampilan untuk menjadi pengusaha dengan bermodalkan HO atau Gadget,” tutupnya.