Infonitas > Bekasi > Komunitas >

Mengenal Komunitas Penalis SMKN 11 Kota Bekasi

Jumat, 26 Oktober 2018 | 14:20 WIB

Editor : Fauzi

Reporter : Leny Kurniawati

Komunitas Penalis SMKN 11 Kota Bekasi
Salah satu kegiatan Komunitas Penalis SMKN 11 Kota Bekasi.
Foto : Dwi Prastyo

Selain untuk memberikan soft skill bagi siswa-siswi SMKN 11 Kota Bekasi, Komunitas Penalis juga ingin mengharumkan nama sekolah lewat prestasi.

BEKASI – Didirikan pada 29 Oktober 2017 lalu oleh dua sekawan Bayyinathul Rahmatullah dan Syahrobi Nuralam, Komunitas Penalis (Pena Jurnalis) merupakan wadah bagi pecinta sastra dan jurnalistik di SMKN 11 Kota Bekasi. Awalnya, komunitas ini concern pada bidang sastra. Namun, melihat perkembangan era digital saat ini, komunitas ini pun melebarkan sayap ke bidang jurnalistik.

"Tujuan Penalis ini hadir di SMKN 11 Kota Bekasi adalah, guna memajukan sekolah dengan keahlian lain dan mencetak prestasi, khususnya di bidang seni dan sastra, sekaligus menjadi bekal soft skill bagi para siswa-siswi di sini,” ujar Bayyinathul yang juga menjadi pelatih komunitas ini.

Menariknya lagi, selain sebagai komunitas, Penalis juga diakui sebagai salah satu kegiatan ekstra kurikuler di SMKN 11 Kota Bekasi yang diadakan setiap Hari Sabtu. Menurut Bayyinathul, Penalis selain kreatif juga mampu berinovasi serta mengembangkan kreativitas siswa/siswi untuk mengeluarkan bakat dan minat, dalam bentuk tulisan dan praktek langsung.

"Keunggulan yang dimiliki oleh Penalis yakni, keahlian lain di bidang jurnalistik dan sastra. Kedua, menjaga link dengan pihak eksternal akan semakin bertambah. Tak hanya itu, daya cipta dalam berkarya anak semakin berkembang," terang pria yang akrab disapa Bayyi ini.

Ditambahkan olehnya, kedepan Komunitas Penalis berharap mampu memfasilitasi siswa-siswi SMKN 11 Kota Bekasi yang tergabung di dalamnya untuk berkarya lewat majalah dinding (Mading) dan berprestasi, serta ikut andil memajukan sekolah. “Termasuk juga mencetak siswa-siswi yang profesional dalam berkarir, khususnya di bidang wartawan dan penulis buku. Salah satu program jangan panjang yang akan kami lakukan adalah, terjun langsung ke lapangan, dimana anggota akan belajar untuk latihan menjadi seorang wartawan, reporter, jurnalis dan writer,” pungkasnya.


 
 
 
Berita Terkait
Tidak ada berita terkait